Tok..Final! Putusan Wakil Anies Diserahkan ke Pimpinan DPRD Definitif

Mekanisme Pemilihan Wakil Anies Acuanya Tatib Lama
  • Whatsapp
Wakil Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta, Syarif

INDOPOLITIKA.COM– Anggota DPRD DKI Jakarta akhirnya menyepakati Tata Tertib (Tatib) pemilihan wakil gubernur pendamping Anies Baswedan. Acuanya yang disepakati para wakil rakyat itu Tatib yang sudah disahkan oleh panitia khusus pemilihan wakil gubernur (Pansus Pilwagub) periode 2014-2019.

Wakil Ketua Sementara DPRD DKI Syarif menyatakan, rapat terakhir berlangsung alot. Khususnya soal pasal mekanisme pemilihan Wakil Gubernur DKI. “Sudah selesai. Sudah final. Seluruh peserta rapat akhirnya menerima untuk (mekanisme pemilihan Wagub) tidak dimasukan dalam pasal Tatib baru,” katanya.

Baca Juga:

Keputusan itu, kata dia tentu memiliki konsekwensi lanjutan. Di antaranya yang paling penting adalah mekanisme pemilihan Wakil Gubernur DKI diserahkan pada keputusan pimpinan dewan definitif.

“Dengan begitu kami mendorong supaya secepatnya melakukan rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) kan hasil keputusan Pansus yang lalu,” kata pria berkacamata itu.

Dengan kesepakatan itu, dinamika pembahasan dalam Rapimgab nantinya akan makin dinamis. Sebab, partai baru yang lolos ke gedung dewan DKI bakal diajak membicarakan pengisian kursi Wagub dalam rapat pimpinan gabungan.

“Dinamikanya akan makin baik. Karena ada pelibatan partai baru seperti PSI. Nanti dalam Rapimgab diajak,” katanya.

Terkait kemungkinan adanya perubahan nama calon yang diusulkan PKS, dia memastikan tidak ada perubahan nama calon Wagub. Apalagi, Ahmad Syaikhu akan dilantik sebagai anggota DPR RI setelah terpilih dalam pemilihan calon anggota legislatif beberapa waktu lalu.

“Sampai sekarang posisi usulannya belum berubah,” ungkapnya.[asa]

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *