Tok..tok…! Pemprov Sumsel Gelar Seleksi Terbuka Tujuh Jabatan Tinggi Pratama

  • Whatsapp
Plh Sekretaris Daerah Sumsel sekaligus Ketua Panitia Seleksi Akhmad Najib (masker hitam) saat membuka seleksi JPT Pratama.

INDOPOLITIKA.COM – Pemrov Sumatera Selatan resmi membuka seleksi terbuka tujuh jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pratama yang saat ini lowong. Seleksi itu dibuka secara resmi Plh Sekretaris Daerah Sumsel sekaligus Ketua Panitia Seleksi Akhmad Najib.

Menurut Najib, seleksi tersebut dilaksanakan dengan sangat ketat. Katanya, SDM terpilih juga sesuai dengan posisi yang dilamar. Lanjut dia, ada tujuh (7) jabatan yang saat ini lowong. Di antaranya Karo Pemerintahan dan Otda, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Kepala Dinas PSDA, Kepala Dinas ESDM, Kadishub serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM

Berita Lainnya

“Memasuki proses tahapan dari asesment penulisan karya tulis dan tahapan interview semua ini sudah diatur dalam Peraturan Undang – undang yang mengatur tentang manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk menjaga fairnes (keadilan) dari 26 orang untuk mengikuti tahap selanjutnya,” ujarnya.

Lanjut Najib, hari ini ada dua tahapan yang dilakukan. Tahapan pertama pembuatan karya tulis, dan wawancara dengan fokus jabatan pada Jabatan Pimpinan Tinggi yang dituju. Dan prosesi pelaksanaan seleksi ini yang diadakan selama dua hari (tanggal 8 dan tanggal 9 Juni 2021).

“Waktunya 2 (dua) jam ditulis dengan tangan. Saya menyarankan lebih baik tulisan tangan, fokus pada jabatan yang dituju. Oleh sebab itu tidak berlama-lama,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu peserta seleksi, Plt Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Sri Sulastri menjelaskan, proses seleksi berlangsung cukup ketat. Dibutuhkan kesiapan dan konsentrasi yang baik. Apalagi yang panelis yang menguji mereka berasal dari unsur pemerintahan dan akademisi senior.

“Walau sepertinya sudah diluar kepala. Tapi ada juga rasa gugup. Mengingat-ingat kembali, jangan ada yang miss. Tupoksi Kabiro Otda diatur dalam Pergub No 55 2016. Dari situ saya kembangkan dihubungkan dengan visi misi gubernur, menjadi program-program bila nanti menjabar definitif Kabiro Odta,” jelasnya.

Dia mengaku mengusung pemerintahan digital atau electronic government untuk diterapkan di Biro yang akan dipimpinnya. Sebab, selama ini pengembangan menuju pemerintahan digital di biro yang dipimpinnya belum berjalan dengan baik.

“Mulai dari pengarsipan, dokumentasi hingga rupabumi atau batas wilayah kabupaten kota yang ada di Sumsel. Semua saya usulkan untuk dibuat digital,” ucapnya.

Pengalaman mengikuti seleksi JPT Pratama merupakan kali pertama yang dijalaninya. “Ini pengalaman pertama saya. Semoga hasilnya bisa maksimal,” tandasnya. [ind]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *