Tok tok tok….Ibukota Pindah ke Kalimantan Timur

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA- Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi provinsi yang dipilih dan ditetapkan oleh pemerintah Jokowi menjadi lokasi Ibukota baru, negeri ini. Namun, pemerintah masih menutup rapat informasi terkait kawasan yang akan menjadi ibukota baru pengganti DKI Jakarta.

“Betul Kalimantan Timur, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana ya belum,” ungkap Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Baca Juga:

Sofyan menegaskan, pemerintah belum ingin terang-terangan membuka di mana lokasi pasti ibukota baru karena ingin lebih dulu memastikan kesiapan lahan di kawasan tersebut. Tanah yang dibutuhkan tidak sedikit untuk membangun istana negara dan berbagai kelengkapan sebuah pemerintahan.

Sofyan memperkirakan, dibutuhkan tanah sekitar 200 ribu sampai 300 ribu hektare. Selain itu, pemerintah juga masih perlu menutup rapat lokasi persis ibukota baru demi menghindari aksi spekulasi harga tanah oleh para oknum atau makelar tanah.

Dengan kebutuhan tanah dalam megaproyek seperti ini, spekulasi harga tanah kerap terjadi di Indonesia. Kendati begitu, Sofyan memastikan ketika lokasi sudah ditentukan dan dipublikasikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), maka kementeriannya akan segera mengamankan kepemilikan lahan di lokasi tersebut.

“Begitu diputuskan di mana lokasinya, akan kami kunci,” ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi sudah menyatakan rencana pemindahan ibukota ke Pulau Kalimantan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pemerintah mengestimasi setidaknya dibutuhkan biaya sekitar Rp323 triliun sampai Rp466 triliun untuk membangun ibukota baru.

Kendati begitu, pemerintah memastikan uang negara yang akan digunakan untuk membangun ibu kota baru hanya sebesar Rp93 triliun. Aliran uang dari negara bisa minimal lantaran pemerintah akan melakukan ‘tukar guling’ aset kementerian yang ada di DKI Jakarta. (RMA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *