Internasional

Tokoh Oposisi Rusia Ditangkap Lagi

Alexei Navalny dalam sebuah unjuk rasa anti-pemerintah Rusia (Foto: AFP)

Moskow: Untuk kesekian kalinya, tokoh oposisi Rusia Alexei Navalny kembali ditangkap dan ditahan di Moskow. Kabar disampaikan juru bicara Navalny, seperti dikutip dari kantor berita Independent, Minggu 26 Agustus 2018.

Kira Yarmysh menyebut Navalny sudah dibawa ke kantor polisi pada Sabtu pagi. Menginformasikan lewat Twitter, dia mengatakan alasan penahanan Navalny belum jelas.

Navalny baru-baru ini mempersiapkan demonstrasi pada 9 September mendatang untuk memprotes rencana meningkatkan usia warga Rusia yang bisa mengklaim uang pensiun.

Pria berusia 42 tahun itu — yang telah dipenjara berulang kali karena menggelar protes anti-Kremlin — dilarang ikut dalam pemilihan umum presiden Rusia pada Maret lalu. Larangan tersebut dinilai Navalny tidak berdasar.

Dia sempat menyerukan boikot nasional terhadap pilpres, yang pada akhirnya berujung pada kemenangan besar Presiden petahana Vladimir Putin.

Mei lalu, Navalny dijatuhi hukuman 30 hari penjara atas perannya mengatur demonstrasi nasional menentang Putin. Dia pernah menyerukan aksi protes di lebih dari 90 kota di Rusia dalam menentang pemerintahan Putin yang dinilainya semakin otokratis. 

Slogan "Putin bukan Kaisar kita" telah disebarkan Navalny secara luas.

Tidak lama setelah berakhirnya pilpres Rusia pada 18 Maret, kubu Navalny mengatakan kepada Independent bahwa mereka akan fokus "membangun keuletan dan kekuatan" untuk mengantisipasi peluang di masa mendatang.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close