Internasional

Tony Abbott Harap PM Baru Bawa Australia Lebih Baik Lagi

Mantan PM Australia Tony Abbott (kanan). (Foto: AFP)

Canberra: Mantan Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengucapkan selamat atas terpilihnya Scott Morrison menjadi perdana menteri Australia yang baru, menggantikan Malcolm Turnbull.

Abbott berharap, Morrison dapat membuat Australia lebih baik lagi dari pemerintahan sebelumnya. Ia juga sempat berkata bahwa pergantian kepemimpinan ini untuk menyelamatkan pemerintah. 

"Selamat untuk Scott Morrison. Lakukan yang terbaik untuk Australia, dengan politik yang hebat dan pemerintahan yang lebih baik lagi," kata Abbott, dikutip dari Skynews, Jumat 24 Agustus 2018.

"Kami ingin Australia menjadi kuat dengan menyokong warganya, usaha-usaha kecil, bisnis yang kuat, dan memperjuangkan hak-hak warga," lanjut dia.

Di samping itu, ujar dia, Partai Liberal dan pemerintahan Turnbull telah melakukan yang terbaik. "Tujuan ke depan adalah untuk mencapai sesuatu yang luar biasa lagi," tukasnya.

Morrison menang atas mantan Menteri Dalam Negeri Peter Dutton dengan perolehan suara 45-40. Sementara, Menteri Luar Negeri Julie Bishop gagal memperoleh suara terbanyak dalam pemungutan suara awal. 

Hingga saat ini tidak ada perdana menteri yang bisa berkuasa penuh selama tiga tahun sejak mantan Perdana Menteri John Howard kalah dalam pemilu 2007 lalu. Howard sendiri berkuasa hingga lebih dari 11 tahun.
 
Sebagian besar perdana menteri yang berkuasa setelah Howard, digulingkan oleh partai mereka sendiri berdasarkan poling suara dukungan yang rendah.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close