Internasional

Topan Florence di AS Tewaskan 23 Orang

Banjir akibat Florence melanda New Bern, North Carolina, AS, 14 September 2018. (Foto: Logan Cyrus/AFP)

Washington: Topan Florence yang menerjang East Coast, Amerika Serikat sejak pekan lalu telah menewaskan 23 orang. Korban terbanyak berasal dari wilayah North Carolina.

"Hingga pagi ini, North Carolina mengonfirmasi 17 kematian akibat topan tersebut. Enam kematian lagi telah dilaporkan dari South Carolina," kata Gubernur Negara Bagian North Carolina, Roy Cooper seperti dilansir Antara, Selasa, 18 September 2018.

Departemen Transportasi Negara Bagian North Carolina menyebutkan, lebih dari 1.100 jalan di masih ditutup hingga Senin, 17 September 2018. Sementara di South Carolina, pemerintah melaporkan penutupan lebih dari 150 jalan akibat banjir tinggi.

Sebanyak 460 ribu orang di North Carolina dan 10 ribu di South Carolina tak memperoleh listrik. Selain itu, banyak sekolah terpaksa ditutup atau menunda dimulainya kegiatan belajar-mengajar di seluruh kedua negara bagian itu.

Baca: Korban Tewas Badai Florence Jadi Lima Orang

Roy Cooper mengungkapkan, saat ini ada lebih dari 14 ribu pengungsi di berbagai tempat penampungan di North Carolina. Dia juga memeringatkan bahaya masih berpotensi mengancam mengingat topan yang masih terjadi.

Menurut data Moody's Analytics, biaya akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh topan Florence diperkirakan antara US$17 miliar dan US$22 miliar. Kerugian itu membuat Florence menjadi badai ke-10 yang menimbulkan paling banyak kerusakan dalam sejarah AS.

Laporan National Public Radio (NPR) menyebutkan, sebagian kerugian tersebut adalah kerugian harta, dengan kerugian ekonomi berjumlah US$1 miliar sampai US$2 miliar secara keseluruhan.

Dinas Cuaca Nasional setempat menjelaskan, Florence, yang memasuki daratan sebagai badai kategori satu. Belakangan Florence melemah menjadi topan tropis, sekarang menjadi depresi tropis. Namun, banjir yang mengancam nyawa diperkirakan masih terjadi sepanjang pekan ini.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close