Internasional

Topan Mangkut, Badai Terkuat yang akan Dihadapi Filipina

Ilustrasi Topan Mangkhut. (Foto: AFP).

Manila: Topan terkuat musim ini akan menyerang Filipina utara. Topan Mangkhut sudah mendekati wilayah Cagayan, menyebabkan pejabat memerintahkan evakuasi pencegahan.

Sekolah dan kantor akan ditutup guna mengurangi kerusakan. Para petani juga didesak segera memanen tanaman mereka.

Peramal cuaca mengatakan Topan Mangkhut dianggap sebagai yang terkuat tahun ini. Wilayah Cagayan utara akan dihantam akhir pekan ni dengan hembusan angin antara 265 hingga 325 kilometer per jam.

Topan ini diprediksi bisa menyebabkan banjir dan tanah longsor karena akan bercampur dengan hujan musiman.

Gubernur Cagayan Manuel Mamba mengatakan warga desa-desa pesisir utara dan pulau-pulau di jalur topan sudah diperintahkan untuk dievakuasi mulai hari ini, Kamis, 13 September 2018. Seluruh sekolah dan kantor akan ditutup mulai Jumat besok.

"Saya menekankan bahwa (topan) satu ini sangat berbeda, karena kemungkinan akan ada gelombang badai," ucap Mamba mengacu pada gelombang raksasa, dilansir dari CNBC.

Usai menghantam Filipina, topan ini akan bergerak cepat, diperkirakan akan berhembus ke Hong Kong dan Tiongkok pada Minggu.

Sementara itu, Mangkhut merupakan badai ke-15 tahun ini yang menghancurkan Filipina. Sebelumnya, Topan Haiyan pada 2013 menyebabkan 7.300 orang tewas dan memaksa sekitar lima juta orang pindah dari Filipina tengah.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close