Trik Hidup Hemat Buat si Anak Kost, Anti Dompet Kering!

  • Whatsapp

Jika membahas anak kost pastinya tidak jauh-jauh dari kemandirian. Mengatur keuangan menjadi salah satu kemandirian yang diterapkan oleh anak kost. Menghemat dan mengatur keuangan dengan baik tentu perlu dilakukan sebaik mungkin. Karena jika tidak, biaya hidup selama sebulan bisa cepat habis di pertengahan bulan bahkan di akhir bulan. Ini tentu menjadi masalah yang kerap dialami oleh banyak orang, termasuk anak kost.

Masih banyak anak kost yang mencari-cari cara yang tepat untuk menghemat pengeluaran bulanan. Mungkin kamu salah satunya? Agar pengeluaran bulanan kamu bisa terisolir dengan baik dan bisa mencukupi kebutuhan selama sebulan. Berikut ada beberapa cara menghemat keuangan buat anak kost yang bisa kamu terapkan biar dompet gak cepat kering!

Bacaan Lainnya

 

Selalu Catat Keuangan yang Dikeluarkan Selama Sebulan

Mencatat setiap pengeluaran selama sebulan penting untuk kamu lakukan. Mulai dari pengeluaran buat beli makanan, peralatan mandi, pulsa smartphone, isi ulang E-Wallet, dan lain sebagainya. Dengan mencatat pengeluaran, kamu dapat mengetahui apa saja hal yang sudah kamu keluarkan selama sebulan ini. Apakah untuk kebutuhan atau cuma untuk keinginan. Sehingga kamu bisa lebih mengevaluasi diri dan lebih cermat dalam membeli sesuatu. Jangan lupa buat menyesuaikannya dengan anggaran setiap bulan, ya

 

Biasakan Menabung

 

Menabung menjadi hal yang perlu kamu biasakan mulai dari sekarang. Meski gak mudah karena banyak kebutuhan yang perlu dipenuhi, tapi dengan menyisihkan sedikit budget kamu setiap hari atau setiap minggu. Akan membuat kamu jauh lebih hemat dan punya uang cadangan buat kebutuhan mendesak di kemudian hari. Menyimpan uang tabungan di celengan atau di rekening bisa menjadi salah satu pilihan kamu.

 

Cuci Pakaian Sendiri

Ketika menjadi anak kost, kamu gak akan mudah menemukan pelayanan free. Tidak seperti saat kamu tinggal dengan orangtua, kamu harus melakukan apapun sendiri. Termasuk dalam mencuci pakaian. Menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakaian mungkin menjadi pilihan yang tepat. Tapi, bagi kamu yang ingin hemat pengeluaran, ada baiknya cuci pakaianmu sendiri. Kamu gak akan mengeluarkan banyak budget buat kebutuhan kamu ini ketimbang menggunakan jasa laundry.

 

Ada Baiknya Bawa Bekal Sendiri

 

Jika ingin lebih hemat lagi, membawa bekal makanan ke tempat kerja atau ke kampus bisa jadi ide yang tepat. Membawa bekal makanan sendiri juga bakal bikin kamu jauh lebih hemat sampai 50 persen. So, sempatkanlah waktu untuk bikin bekal makanan sebelum berangkat kerja atau kuliah. Memasak makanan sendiri juga akan meningkatkan kemampuan kamu dalam memasak. Gak harus memasak setiap hari, kok. Tapi jangan terlalu sering membeli juga, ya.

 

Selalu Bawa Air Mineral saat Bepergian

Nah cara selanjutnya untuk menghemat pengeluaran anak kos adalah dengan membawa air mineral saat bepergian. Membawa air mineral akan membuat kamu jadi lebih hemat sebab kamu gak perlu repot-repot beli air mineral lagi di minimarket.

 

Manfaatkan Aplikasi Pemberi Cashback dan Cari Diskon

 

Menggunakan diskon dan cashback saat berbelanja akan membuat kamu jauh lebih hemat dalam pengeluaran. Kamu bisa mencari tempat makan, produk kecantikan, pakaian, dan kebutuhan lainnya yang sedang mengadakan diskon menarik. Di online shop biasanya sering mengadakan diskon dan promo menarik buat produk-produk tertentu. Nah, kamu bisa memanfaatkan itu untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Tak hanya itu, kamu juga bisa memakai aplikasi lain yang menawarkan cashback untuk membantu menghemat pengeluaran kamu, seperti dompet digital misalnya.

Yuk, terapkan trik hemat di atas agar kamu bisa lebih hemat dalam pengeluaran bulanan. Selamat mencoba!

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar