Internasional

Trump Buka Peluang Kerja Sama Ekonomi dengan Korut

Presiden AS Donald Trump (kanan) bersama Presiden Korsel Moon Jae-in di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, 24 September 2018. (Foto: AFP/NICHOLAS KAMM)

New York: Presiden Amerika Serikat Donald Trump membuka peluang adanya kerja sama ekonomi dengan Korea Utara. Pernyataan disampaikan Trump meski Washington berkukuh mempertahankan penjatuhan sanksi ekonomi kepada Pyongyang.

Selama ini, AS menegaskan bahwa sanksi ekonomi kepada Korut baru akan dicabut jika denuklirisasi selesai dilakukan di Semenanjung Korea.

"Saya yakin Korut memiliki potensi ekonomi yang luar biasa, dan kami akan membantu mereka dalam bidang tersebut," ucap Trump saat bertemu Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di sela-sela Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, seperti dilansir dari kantor berita UPI, Senin 24 September 2018.

Moon menemui Trump untuk menyampaikan hasil pertemuannya dengan pemimpin Korut Kim Jong-un. Moon meyakinkan Trump bahwa Kim berkomitmen melakukan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Ia juga menyebut Kim menaruh kepercayaan dan harapan besar kepada Trump.

Trump membenarkan bahwa kemajuan berarti telah terjadi dalam isu Korut, dan pihaknya sedang merencanakan pertemuan lanjutan dengan Kim.

"Pertemuan kedua akan digelar dalam waktu dekat," ucap Trump kepada Kim.

Baca: Trump Ingin Bertemu Kim Jong-un Secepatnya

KTT AS dengan Korut digelar di Singapura pada Juni lalu.

Usai pertemuan, Trump dan Kim sepakat bekerja sama dalam mencapai denuklirisasi di Semenanjung Korea, tanpa memaparkan detail apapun.

Sejumlah pengamat menilai Moon memainkan peran krusial dalam keberhasilan KTT AS-Korut.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close