Internasional

Trump: Jika Palestina-Israel Bersatu, Nama PM-nya Mohammed

Presiden AS Donald Trump (kiri) bersama Raja Yordania Abdullah II di Gedung Putih, Washington, 25 Juni 2018. (Foto: AFP/BRENDAN SMIALOWSKI)

Amman: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan jika Israel dan Palestina bersatu suatu saat nanti, maka nama perdana menteri dari negara tersebut mungkin akan bernama "Mohammed." 

Pernyataan ini disampaikan Trump dalam nada bergurau saat berdiskusi dengan Raja Yordania Abdullah II pada Juni lalu.

Raja Abdullah II mengatakan kepada Trump bahwa banyak pemuda Palestina sudah tidak lagi tertarik pada solusi dua negara (Two-State Solution). Mereka malah lebih tertarik agar Palestina-Israel menjadi satu negara dengan hak yang sama untuk semua.

Two-State Solution adalah solusi yang pada intinya membagi dua wilayah Yerusalem.

"Apa yang Anda katakan (solusi satu negara) masuk akal, perdana menteri Israel dalam beberapa tahun ke depan mungkin akan disebut Mohammed," kata Trump, seperti dilansir dari laman Middle East Monitor, Selasa 21 Agustus 2018.

Menurut Raja Abdullah II, jika solusi satu negara terjadi, maka Israel kemungkinan akan kehilangan karakter Yahudi. 

"Dia (Trump) mengatakan jika pemerintahannya tidak dapat mendorong munculnya sebuah kesepakatan, maka tidak akan ada negara lain yang dapat melakukannya," tukas Raja Abdullah II.

Meski pertemuan tersebut berlangsung pada Juni, komentar Trump baru muncul baru-baru ini dan pertama kali dilaporkan di televisi Israel, Channel 10. Saluran tersebut mengatakan laporan mereka telah dikonfirmai warga Israel dan mantan pejabat AS.

Walau ungkapan Trump tersebut hanya bercanda, namun kemungkinan mengacu pada kekhawatiran mengenai keseimbangan demografi di Israel.

Di negara tersebut, 6,5 juta dari total 8,8 juta warga adalah Yahudi. Sementara sisanya terdiri dari warga Palestina yang berkewarganegaraan Israel dan etnis minoritas lainnya.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close