Internasional

Trump Minta Pence Hadiri Upacara Penghormatan John McCain

AS berduka atas meninggalnya Senator John McCain. (Foto: AFP)

Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya mengeluarkan surat pernyataan terkait Senator John McCain. 

McCain meninggal dunia akibat kanker otak pada 25 Agustus 2018, pukul pukul 16.28 waktu setempat. Ia akan dimakamkan pada 2 September mendatang di Akademi Angkatan Laut AS dekat Annapolis.

Sehari sebelum pemakaman jenazahnya akan disemayamkan lewat upacara kenegaraan di Gereja Katedral.

Trump dan McCain, dua pria yang sama-sama dari Partai Republik, beberapa kali terlibat adu argumen keras. Perseteruan mereka meruncing ketika Trump mengumumkan pencalonan dirinya sebagai presiden AS.

Dalam salah satu poin permintaan terakhir, McCain menegaskan tak mau Trump datang ke pemakamannya. Mengetahui hal itu, Trump menuliskan surat yang menyatakan bahwa Wakil Presiden Mike Pence akan menghadiri upacara penghormatan McCain.

"Saya sudah meminta Wapres Mike Pence untuk hadir di upacara penghormatan Senator McCain di United States Capitol, Jumat pekan ini," tulis pernyataan Trump yang dirilis Gedung Putih, Selasa 28 Agustus 2018.

Trump pun akan memerintahkan militer untuk mengakomodasi transportasi jasad McCain dari Arizona ke Washington. "Semua akan saya persiapkan sesuai permintaan dari keluarga Senator," lanjut Trump.

Selain itu, ia juga sudah meminta John Kelly, Menteri Pertahanan James Mattis dan John Bolton untuk mewakili dirinya di upacara penghormatan McCain.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close