Internasional

Trump Puji Kim Jong-un di Sidang Umum PBB

Presiden AS Donald Trump sesaat sebelum memberikan pidato. (Foto: AFP)

New York: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memuji pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dalam pidatonya di Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (SMU PBB) ke-73.

"Sejak pertemuan kami di Singapura, kami telah sepakat bahwa kepentingan dua negara adalah denuklirisasi Semenanjung Korea," kata Trump, dikutip dari AFP, Rabu 26 September 2018.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Kim atas keberaniannya mengambil langkah-langkah menuju denuklirisasi," lanjut dia.

Trump juga sempat menyebut bahwa Kim adalah sosok pemberani dan menyenangkan. Tak lupa, Trump mengucapkan terima kasih kepada negara-negara yang mendukung perdamaian AS-Korut.

"Terima kasih khusus kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dan Presiden Xi Jinping," tukas Trump. 

Sidang Majelis Umum PBB tahun ini diwarnai aksi saling puji antara AS dan Korut. Berbeda dengan tahun lalu, dimana dua negara saling mengejek satu sama lain. Dijadwalkan, Korut akan berpidato pada Sabtu 29 September 2018. 

Tahun lalu, Trump mengancam akan menghancurkan Korut dan mengejek Kim sebagai "manusia roket."

Delegasi Korut yang saat itu dipimpin Menteri Luar Negeri Ri Yong-ho menanggapi pernyataan Trump dengan menyebut AS seperti "anjing yang sedang menggonggong."

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close