Internasional

Trump Puji Komitmen Kim Jong-un untuk Denuklirisasi

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un di Singapura. (Foto: AFP).

Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump optimis bisa menyelesaikan masalah di Semenanjung Korea bersama dengan Korea Utara (Korut). Dia bahkan memuji pemimpin Korut Kim Jong-un.

"Kim Jong-un dari Korea Utara memproklamirkan 'keyakinan tak tergoyahkan terhadap Presiden Trump'. Terima kasih kepada pemimpin Kim. Kami akan menyelesaikan bersama-sama!" tulis Trump dalam akun Twitter, dilansir dari laman AFP, Kamis 6 September 2018.

Hari ini, Kim menegaskan kembali komitmennya untuk denuklirisasi Semenanjung Korea. Penasihat Keamanan Korea Selatan (Korsel) Chung Eui-yong, mengirim surat dari Presiden Korsel Moon Jae-in kepada Kim.

Trump dan Kim berjanji melakukan denuklirisasi Semenanjung Korea dalam pertemuan bersejarah mereka di Singapura, Juni lalu. Meski demikian, tidak ada rincian yang disepakati keduanya.

Kim Jong-un memperbaharui komitmennya terhadap denuklirisasi Semenanjung Korea. Hal ini diutarakannya dalam pembicaraan dengan utusan khusus dari Korea Selatan.

"Utara dan selatan harus melanjutkan upaya mereka untuk mewujudkan denuklirisasi di semenanjung Korea," kata KCNA mengutip ucapan Kim Jong-un.

"Ini adalah pendirian tetap kami dan keinginan untuk menghapus sepenuhnya bahaya konflik bersenjata dan kengerian perang dari Semenanjung Korea. Kami ingin mengubahnya menjadi wilayah perdamaian tanpa senjata nuklir dan bebas dari ancaman nuklir," tukasnya.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close