Internasional

Trump Puji Perayaan HUT Korut Tanpa Pamer Rudal

HUT ke-70 Korea Utara diisi dengan nyanyian dan tarian. (Foto: AFP)

Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberikan penghormatan kepada pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un karena melaksanakan perayaan HUT ke-70 Korut tanpa menunjukkan rudal balistik.

"Ini adalah kemajuan yang sangat besar dan positif dari Korut. Hormat dan terima kasih kepada Kim. Kami berdua akan membuktikan bahwa semua orang salah menilai kami," kata Trump, dikutip dari AFP, Senin 10 September 2018.

"Tidak ada yang lebih bagus dari dialog dua orang yang saling menghormati. Ini perkembangan yang sangat baik dari sebelum saya menjabat sebagai presiden," ujar dia.

Kemarin, Korut merayakan hari kemerdekaan ke-70. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, Korut merayakan tanpa ajang pamer kekuatan rudal balistik.

Hanya ada konser dan juga iring-iringan pasukan militer ke stadion tempat rangkaian acara digelar.

Perayaan diawali dengan barisan tentara yang berjalan melewati Kim Il-sung Square. Setelah itu, terlihat deretan tank lewat dan pesawat tempur di udara. 

Seorang wartawan AFP melaporkan bahwa tidak terlihat adanya pertunjukkan rudal antarbenua (ICBM). Hanya terlihat iring-iringan pasukan militer serta tank menuju Pyongyang Indoor Stadium.

Acara di dalam stadion pun bermacam-macam. Hari kemerdekaan Korut ini dimulai dnengan konser ansambel dan juga paduan suara negara, Orkestra Samjiyon dan Kelompok Seni Mansudae.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close