Internasional

Trump Serang Wanita Penuduh Calon Hakim Agung AS

Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Washington: Setelah mencoba netral dalam isu perkosaan yang menerpa calon Hakim Agung Amerika Serikat Brett Cavanaugh, Presiden Donald Trump akhirnya mengambil tindakan. Trump menyerang Christine Blasey Ford yang menuduh Cavanaugh pernah melakukan percobaan pemerkosaan di masa lalu.

Trump menolak kredibilitas klaim Ford mengenai Cavanaugh yang mencoba memerkosanya dalam keadaan mabuk di era 1980-an. 

Menurut Trump, Ford yang terus diam hingga saat ini mengindikasikan bahwa mungkin insiden tersebut tidak pernah terjadi.

"Jika serangan terhadap Doktor Ford memang seburuk yang dia klaim, maka seharusnya laporan hukum sudah langsung dilayangkan ke aparat, baik oleh dia atau orangtuanya," tulis Trump di Twitter, seperti dikutip dari kantor berita AFP, Jumat 21 September 2018.

"Mengapa tidak ada yang menghubungi FBI 36 tahun lalu?" tanya dia.

Baca: FBI Diminta Periksa Calon Hakim Agung AS Pilihan Trump

Pernyataan Trump memicu kontroversi, bahkan dari kalangan Partai Republik. Susan Collins, Senator dari Republik, menilai ungkapan Trump tidak pantas.

"Kita semua tahu tuduhan percobaan pemerkosaan adalah kasus yang paling jarang dilaporkan. Jadi saya rasa tulisan presiden sangat tidak pantas dan salah," tegas Collins.

Chuck Schumer dari Partai Demokrat menyebut logika Trump "sangat ofensif terhadap trauma yang dialami korban pelecehan seksual."

Ford menolak ultimatum dari Komite Yudisial Senat AS untuk bersaksi bersama Cavanaugh dalam kasus percobaan pemerkosaan ini. Ia mengaku siap bersaksi, namun menolak jadwal yang ditetapkan komite, yakni Rabu mendatang.

Sementara Cavanaugh mengaku siap bersaksi kapan saja demi membersihkan namanya.

Pengacara Ford mengatakan kehidupan kliennya menjadi jungkir balik usai kasus ini muncul ke permukaan. Ford mengaku mendapat ancaman pembunuhan sehingga harus pergi dari rumahnya sendiri.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close