Tujuh ABK WNI Kapal Tenggelam di Argentina Masih Trauma

  • Whatsapp
Tujuh ABK WNI berada di Bandara Internasional Montevideo, 27 Juli 2018. (Foto: KBRI Buenos Aires)

Jakarta: Tujuh ABK WNI yang diselamatkan dari kapal tenggelam di perairan Argentina akhirnya mendarat di Indonesia, Sabtu 28 Juli 2018. Mereka semua akan dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

Ketujuh orang itu adalah bagian dari ABK kapal FV. Dorneda berbendera Spanyol yang tenggelam di Samudera Atlantik Selatan pada 10 Juli sekitar pukul 23.00 waktu setempat. Kapal diawaki 27 ABK, 8 di antaranya adalah WNI.

Muat Lebih

Satu WNI sudah terlebih dahulu dipulangkan pada 19 Juli.

Nanang Hidayatullah, salah satu ABK WNi, menceritakan pengalamannya saat terombang-ambing di tengah laut.

"Kami terombang-ambing sekitar tujuh jam. Dari jam setengah 11, baru ditemukan jam 5 pagi. Kami kedinginan sekali," ujar Nanang beserta keenam rekannya, dalam rilis KBRI Buenos Aires yang diterima Medcom.id.

Baca: KBRI Buenos Aires Pulangkan 7 ABK WNI Korban Kapal Tenggelam

Suhu udara pada saat kejadian berkisar 3 hingga 4 derajat Celcius. Para ABK WNI mengaku sangat beruntung karena dapat selamat dari kondisi berbahaya tersebut.

Nanang dan teman-teman mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, terutama respons cepat dari Kedutaan Besar RI di Buenos Aires.

"Sekarang kondisi kami sudah agak mendingan. Tapi masih trauma untuk pergi melaut," kata Nanang.

Ketujuh WNI tersebut adalah Wawan Setiawan asal Pemalang; Yusuf Irfanto asal Pemalang; Sultoni asal Pemalang; Dian Hariman asal Brebes; Mufarikhun asal Pekalongan; Nanang Hidayatulloh asal Tegal; dan Washadi asal Brebes.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *