Internasional

Tunangan Jurnalis Saudi yang Hilang Pendukung Ikhwanul Muslimin

Hatice Cengiz (kiri). (Foto: AFP)

Riyadh: Media Arab Saudi memberitakan bahwa tunangan Jamal Khashoggi, wartawan yang hilang di Turki, merupakan pendukung Ikhwanul Muslimin Qatar. Selama ini, Arab Saudi menganggap Ikhwanul Muslimin adalah kelompok teroris.

Hingga saat ini, hubungan Arab Saudi dan Qatar belum membaik sejak diputuskannya hubungan diplomatik pada 2017 silam.

Al Arabiya menyebut Hatice Cengiz merupakan pendukung orang-orang yang mengkritik pemerintahan Kerajaan Arab Saudi. Selain pendukung Ikhwanul Muslimin, Cengiz juga pendukung partai penguasa di Turki.

Baca: Tunangan Jurnalis Arab Saudi Minta Bantuan ke Trump

"Bahkan keluarga Khashoggi tak tahu jika Khashoggi memiliki hubungan dengan Cengiz," sebut Al Arabiya dikutip dari Newsweek, Jumat 12 Oktober 2018.

Dikabarkan, Khasoggi bertemu Cengiz pada Mei 2018 dan kisah cinta mereka berkembang dengan cepat. Meskipun Khashoggi telah memperoleh izin tinggal di Amerika Serikat, namun ia tetap membeli sebuah unit apartemen di Istanbul untuk Cengiz.

Baca: Turki Klaim Punya Bukti Jurnalis Arab Saudi Dibunuh

Pada 2 Oktober 2018, Khasshogi pergi ke Konsulat Arab Saudi di Istanbul untuk mengurus surat perceraian dengan istri terdahulunya agar bisa menikahi Cengiz. Di hari itulah, Cengiz terakhir kali melihat Khasoggi.

Sejumlah penyelidikan pun telah digelar otoritas Turki untuk menemukan Khashoggi. Namun hingga saat ini belum membuahkan hasil. AS pun telah menghubungi Arab Saudi untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close