Turki Apresiasi Peran Indonesia untuk Kemerdekaan Palestina

  • Whatsapp
Menteri Luar Negeri RI dan Menteri Luar Negeri Turki. (Foto: Getty Images)

Singapura: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mendapat apresiasi dari Menlu Turki Mevlut Cavusoglu. Apresiasi diperoleh karena Indonesia tetap konsisten dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

"Kita bicara cukup panjang mengenai Palestina. Turki sangat mengapresiasi peran Indonesia yang terus konsisten dalam membela kepentingan bangsa Palestina," kata Retno kepada awak media di sela pertemuan tingkat menteri ASEAN, di Singapura, Kamis 2 Agustus 2018.

Muat Lebih

Mevlut menyampaikan tidak banyak negara yang memiliki konsistensi sama dengan Indonesia dalam membela kepentingan Palestina.

Sementara itu, Menlu Retno menyampaikan untuk membantu Lembaga Bantuan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNRWA) dalam menangani para pengungsi Palestina. Dia menambahkan akan mengajak para menteri luar negeri anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk membahas hal tersebut.

"Nanti saat Menteri OKI bertemu di New York, kita juga akan mencoba membahas bagaimana negara OKI dapat berkontribusi lebih untuk UNRWA," tuturnya.

Sebelumnya, negara OKI dan negara Islam lainnya dikecam Perwakilan Tetap Amerika Serikat (AS) untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Nikki Haley. Menurut dia, negara-negara Arab dan Islam karena terlalu banyak bicara tentang dukungan ke Palestina.

Menurut Haley, negara-negara seperti Mesir, Kuwait, Uni Emirat Arab, Aljazair, Tunisia, Pakistan, Oman, Iran dan Turki hanya banyak bicara, namun tidak memberikan bantuan konkret berupa uang untuk membantu Palestina.

Sementara itu, Indonesia akan terus berusaha untuk kemerdekaan Palestina. Berbagai hal dilakukan untuk membantu, terutama dalam bidang pembangunan dan pemberdayaan manusia.

Semua dilakukan Indonesia agar masyarakat Palestina siap hidup mandiri bila sudah merdeka nanti.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *