Ujug-ujug Ingatkan Jokowi Untuk Evaluasi Menteri, PKB Nggak Sabar Ingin Reshuffle?

  • Whatsapp
Anggota Komisi VI DPR yang juga mantan Menteri Desa, Marwan Jafar.

INDOPOLITIKA.COM- Agaknya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bisa jadi sudah tak sabar ingin segera ada reshuffle kabinet. Soalnya ujug-ujug ‘pagi-pagi buta’ politikus PKB Marwan Jafar, ingatkan Presiden Jokowi terkait evaluasi kinerja para menteri.

Dia bilang untuk mengevaluasi para pembantunya di Kabinet Indonesia Maju, Presiden tak perlu waktu lama. Cukup satu tahun atau bahkan setengah tahun saja evaluasi itu bisa dilakukan.

Muat Lebih

“Tanpa mengurangi rasa hormat kepada Presiden, tidak bermaksud mendikte Presiden karena itu hak prerogatif Presiden, maka dalam satu tahun, minimal enam bulan, perlu ada evaluasi kinerja kabinet, terutama bidang ekonomi,” kata anggota Komisi VI DPR ini Selasa (19/11/2019).

Terkait evaluasi terhadap bawahan, mantan pembantu Presiden Jokowi ini mengapresiasi langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang berani melakukan terobosan mencopot seluruh eselon I dan merestrukturisasinya menjadi tiga deputi menteri, satu sekretaris kementerian, dan menghidupkan kembali inspektorat jenderal (irjen).

Sayangnya, kata mantan Menteri Desa ini, Erick Thohir tidak meninggalkan satu pun eselon I yang dipertahankan untuk menjaga kesinambungan program. Keputusan itu, menurut Marwan, justru akan memperlambat alur birokrasi.

“Sebab butuh waktu sekitar satu tahun nantinya (bagi pejabat baru) untuk beradaptasi. Belum lagi perubahan nomenklatur itu butuh waktu & persetujuan dari Kementerian PAN-RB, Kemendagri, dan kementerian terkait lainnya. Biasanya libatkan Wapres juga. Namun bisa juga lebih cepat,” kata Marwan.

Diakuinya, saat ini Indonesia membutuhkan birokrasi yang tidak berbelit-belit untuk mendorong pergerakan ekonomi lebih cepat di tengah tantangan perlambatan ekonomi global.

“Kita akan melihat efektivitas dari terobosan yang dilakukan dalam enam bulan sampai satu tahun. Apakah ini terobosan yang efektif atau tidak,” tambah Marwan.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *