Internasional

Uni Eropa Aktifkan Satelit Copernius untuk Bantu Indonesia

Foto udara memperlihatkan reruntuhan hotel 10 lantai di Palu, Sulawesi Tengah, 30 September 2018. (Foto: AFP/AZWAR)

Brussels: Uni Eropa menawarkan dukungan penuh untuk Indonesia yang dilanda musibah gempa bumi dan tsunami di Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah, yang telah menewaskan lebih dari 400 orang. Tawaran disampaikan Perwakilan Tinggi/Wakil Presiden Federica Mogherini dan Komisioner Bantuan Kemanusiaan serta Manajemen Krisis Uni Eropa, Christos Stylianides.

"Ratusan orang telah kehilangan nyawanya dalam bencana alam mematikan di Indonesia. Kami mengucapkan duka cita kepada keluarga korban dan memberikan semangat kepada petugas darurat yang bekerja dalam situasi sulit," ungkap Uni Eropa dalam pernyataan resmi.

"Kami berdiri di belakang pemerintah dan masyarakat Indonesia di masa-masa sulit seperti sekarang, dan kami menawarkan dukungan penuh," lanjutnya.

Salah satu bentuk dukungan itu adalah mengaktifkan jasa pemetaan satelit Copernicus. 

Data dari satelit ini diharapkan dapat membantu pemerintah Indonesia dalam memetakan lokasi terdampak bencana dan mencari para korban.

"Kami terus memantau secara seksama situasi di Indonesia, dan kami siap memobilisasi lebih banyak bantuan," sebut Uni Eropa.

Baca: Singapura Siap Berikan Bantuan Apapun untuk Indonesia

 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close