Urusan Lahan Selesai, Jokowi Berharap Huntap di Palu Rampung Secepatnya

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan hunian tetap Duyu, di Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, pada Selasa, (29/10/2019). Foto: BPMI Setpres/Kris

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Jokowi kembali melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kota Palu, Sulawesi Tengah, selepas bertolak dari Kota Ambon, Selasa (29/10/2019). Jokowi dan Ibu Negara mendarat di Kota Palu sekitar pukul 11.10 WITA, dan langsung meninjau proyek hunian tetap Duyu untuk korban gempa daerah tersebut.

Berbicara dihadapan para awak media, Jokowi mengakui bahwa perkembangan proyek tersebut agak terhambat oleh masalah pembebasan lahan. “Ya ini setelah lebih dari setahun memang progress-nya agak lambat karena masalah berkaitan dengan lahan, pembebasan lahan, terutama untuk relokasi hunian tetap,” kata Jokowi.

Baca Juga:

“Tapi tadi saya pastikan dari Pak Gubernur, Bupati yang ada, saya telepon Menteri (Agraria dan Tata Ruang), alhamdulillah urusan lahan sudah rampung,” jelasnya.

Menurutnya, setelah masalah lahan selesai, hal berikutnya yang sedang dikerjakan adalah proses lelang. Setelah proyek hunian tetap Duyu ini selesai, proyek serupa di Kabupaten Sigi juga akan dilelangkan, sebelum masuk ke tahapan konstruksi.

“Memang ini bukan pekerjaan kecil, ada 11 ribu hunian rumah yang harus kita siapkan, relokasi. Contoh di sini, ini baru yang sudah siap dikerjakan untuk 450 (rumah). Yang di Sigi 1.500 (rumah), tetapi yang dalam proses lelang 500 (rumah). Ini juga semuanya seperti itu,” paparnya.

Jokowi sendiri berharap proses konstruksi bisa segera dimulai di awal tahun. Pengerjaan konstruksi hunian tetap Duyu akan dilakukan secara pararel dengan proyek di Sigi pada Januari 2020. “Kita harapkan pertengahan sampai akhir tahun bisa diselesaikan semuanya,” imbuhnya.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *