Usai AKD DKI Diketok, Pras Genjot Bahas Duit Rp 96,6 Triliun

  • Whatsapp
Prasetyo Edi Marsudi

INDOPOLITIKA.COM – Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengaku optimistis Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020 akan selesai dibahas paling lambat pada 30 November 2019.

Hal itu mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah yang mengamanatkan persetujuan gubernur dan DPRD terkait APBD sudah harus selesai pada 30 November. 

Baca Juga:

Prasetio mengatakan, setelah AKD terbentuk DPRD DKI Jakarta akan bekerja maksimal dalam mengambil berbagai keputusan, termasuk proses pembahasan APBD Tahun Anggaran 2020. 

“Kita akan berkerja sebaik-baiknya, ini kan Alat Kelengkapan Dewan sudah terbentuk. Insya Allah APBD 2020 selesai tepat waktu. Kita akan lakukan pembahasan secara seksama dan teliti,” kata Prasetio di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (24/10).

Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, Mohamad Taufik menambahkan, penetapan AKD hari ini merupakan tanda kembali dimulainya pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Tahun Anggaran 2020 bersama SKPD dan UKPD yang menjadi mitra kerja masing-masing bidang di Komisi. 

“Saya berkeyakinan pembahasan APBD Tahun Anggaran 2020 tidak akan lebih dari tanggal 30 November. Segera Bamus akan melakukan penjadwalan pembahasan,” ujar Taufik. 

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta AKD segera menyelesaikan agenda yang sempat tertunda.

“Insyaallah (DPRD) bisa ngebut untuk menyelesaikan agenda-agenda yang selama ini, sejak pemilu sampai sekarang banyak yang belum terselesaikan. Kita senang sekali, ucapkan selamat, insyaallah bisa kerja cepat,” ujar Anies kemarin.

Anies mengatakan, komunikasi antara Pemprov DKI Jakarta dengan DPRD terjalin baik. Menurutnya, beberapa isu yang harus segera dibahas yaitu terkait APBD 2020.

“Kami optimis, komunikasi baik, SKPD juga sudah siap, langsung untuk pembahasan,” kata Anies.

“Khususnya untuk APBD 2020, karena sebelum November akhir, itu semuanya sudah harus tuntas,” sambungnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *