Vaksinasi DKI: 7.237 Lansia di Kecamatan Pademangan Jakut Sudah Divaksinasi COVID-19

  • Whatsapp
Proses vaksinasi lansia di DKI.

INDOPOLITIKA.COM – Sebanyak 7.237 warga lanjut usia (lansia) di Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, tercatat telah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Kepala Puskesmas Kecamatan Pademangan, Octaviana Carolina mengatakan, hasil data riil di lapangan hingga per 15 April 2021, tercatat 7.237 lansia di Kecamatan Pademangan sudah divaksinasi COVID-19. Adapun target vaksinasi COVID-19 bagi lansia di kecamatan tersebut tercatat sebanyak 7.259 lansia.

Berita Lainnya

“7.237 lansia yang sudah divaksin ini tersebar di tiga kecamatan, masing-masing di Kelurahan Ancol 1.696 lansia, Kelurahan Pademangan Barat 2.955 lansia, dan Kelurahan Pademangan Timur 2.586 lansia,” ujar Octaviana, dikutip dari laman ppid.jakarta. Jumat (16/4).

Ia menjelaskan, selain membuka layanan vaksinasi statis di Puskesmas Kecamatan Pademangan, pihaknya juga membuka layanan vaksinasi dinamis dan vaksinasi mobile. Tujuannya, lebih memudahkan para lansia mendapat akses vaksinasi sekaligus mempercepat capaian vaksinasi COVID-19 bagi lansia.

Dikatakan Octaviana, pihaknya juga bekerja sama dengan setiap kelurahan untuk menyiapkan layanan antar jemput terutama bagi lansia yang kesulitan transportasi.

“Lansia yang kesulitan transportasi, tersedia layanan antar jemput menggunakan kendaraan operasional kelurahan dan ada juga antar jemput dengan teman-teman PPSU kelurahan menggunakan sepeda motor,” katanya.

Menurutnya, selama melakukan vaksinasi terhadap lansia, pihaknya sempat menghadapi kendala. Misalnya, tak sedikit keluarga dari lansia yang menolak untuk divaksin. Mereka menolak karena termakan berita hoax yang selama ini beredar yang menyatakan vaksinasi COVID-19 tidak halal dan tidak aman.

“Solusinya, kami lakukan komunikasi dan diskusi dengan lintas sektor seperti pihak kecamatan kelurahan, RT/RW, Satpol PP, FKDM, FKLU, untuk membantu memberikan edukasi langsung ke warga karena terkait vaksinasi,” tandasnya. [ind]

 

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *