Video: Anies Baswedan Rayakan Pergantian Tahun Baru Imlek di Petak Sembilan Glodok

  • Whatsapp
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merayakan Tahun Baru Imlek bersama masyarakat Tionghoa.

INDOPOLITIKA.COM – Momen sakral malam pergantian Tahun Baru Imlek 2571, tidak hanya menjadi momen yang ditunggu masyarakat Tionghoa. Momen tersebut juga ternyata ditunggu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sabtu (25/1/2020) dinihari, Anies bersama dengan masyarakat Tionghoa merayakan momen pergantian Tahun Baru Imlek. Dalam kesempatan tersebut, Anies menyambangi Vihara Dharma Bhakti dan Vihara Dharma Jaya, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat.

Bacaan Lainnya

Pada tahun ini diketahui, DKI Jakarta memulai kegiatan #JakartaImlekan, dimana tempat-tempat umum di Jakarta, fasilitas-fasilitas publiknya digunakan bagi masyarakat untuk menyambut pergantian tahun ini.

“Kita berharap tradisi kebiasaan, perayaan yang ada bisa tumbuh berkembang, dan harapannya membawa semangat persatuan di Ibu Kota kita,” ungkap Anies dikutip di laman facebooknya.

Pada kesempatan lain, melalui video, Anies mengatakan bahwa Imlek, bagi seluruh masyarakat yang merayakannya memiliki makna teramat berarti. “Bahwa perayaan Tahun Baru Imlek membawa semangat persatuan,” kata Anie.

Anies sedikit membagi kisah dibalik Imlek ini. Dalam kisahnya, carita Anies, masyarakat Tionghoa bersatu membuat berbagai macam cara untuk mengusir raksasa pengganggu yang masuk ke sebuah desa untuk mereka bisa hidup nyaman, aman dan damai.

Kisah itu menggambarkan persatuan yang ada di masyarakat di tempat itu untuk bisa sama-sama mengusir. Orang di Tiongkok menyebutnya ‘Tuanjie Shi Lilie’, yang kira-kira artinya adalah persatuan adalah kekuatan.

“Oleh karena itu, kita jaga sama-sama persatuan ini. Dan di dalam pergantian tahun baru ini adalah kesempatan untuk merefleksikan apa yang sudah dikerjakan di masa lalu, menyiapkan untuk masa depan mensyukuri yang sudah dijalani, yang sudah didapatkan dan mengantisipasi untuk ke depan bahwa ketika kita bekerja untuk kebaikan, berbagi pada sesame, kita terus menjaga kebudayaan, menjaga nilai-nilai, karena kemanapun kita melangkah kita akan bisa memberikan makna bagi sesame. Sekali lagi Selamat Tahun Baru Imlek 2571,” tutup Anies.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *