Internasional

Video Dansa Putin dengan Menlu Austria Dikritik

Potongan gambar Presiden Rusia Vladimir Putin berdansa dengan Menlu Austria. (Foto: Sputnik)

Moskow: Rekaman video dansa Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Luar Negeri Austria Karin Kneissl menuai kritik yang datang dari kubu oposisi Austria. Mereka menganggap pemerintah sembarangan membiarkan menteri kabinet berdansa dengan Putin.

Dansa ini terjadi ketika Putin menghadiri pernikahan Kneissl di sebuah desa di tenggara Austria. Putin datang dengan membawa karangan bunga dan bersalaman dengan mempelai pria, seorang pengusaha Austria.

Dansa bersama Putin ini dianggap tidak tepat karena terjadi di tengah kritikan soal Rusia yang mencaplok Krimea dari Ukraina. Oposisi berpendapat, Austria –yang selama ini berada di posisi netral– bisa saja dimusuhi Barat.

Tokoh sayap kiri Austria yang bernama Robert Misik bahkan mengkritik gestur membungkuk Kneissl di hadapan Putin saat usai berdansa.

"Sungguh tidak profesional, seorang menlu kita membungkuk di depan Putin. Dia tahu seharusnya dia tidak membiarkan video atau foto-foto itu menjadi viral," kata Misik, dikutip dari AFP, Kamis 23 Agustus 2018.

Meski posisi Austria netral, kedatangan Putin di pernikahan Kneissl menjadi sebuah pertanyaan, seberapa dekatkah hubungan Rusia dan Austria. 

Putin pun memberi klarifikasi bahwa kunjungannya ke acara pernikahan Kneissl murni kunjungan pribadi tanpa embel-embel politik. Sebab, suami Kneissl adalah kawan bermain judo Putin. 

"Suami Kneissl adalah teman saya bermain judo dan praktisi judo. Saya telah mengenal dia lama jauh sebelum mengenal Kneissl," ucap Putin.

Hal senada diungkapkan oleh Wakil Kanselir Austria, Heinz-Christian Strache yang mengatakan gestur membungkuk Kneissl tidak berarti apa-apa selain merupakan bagian gerak dansa khas Wina. 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close