Viral Gerakan Berhenti Total 3 Hari, Begini Penjelasan Jubir Corona

  • Whatsapp
Viral Gerakan Berhenti Total 3 Hari, 10-12 April 2020

INDOPOLITIKA.COM – Viral di media sosial gerakan untuk berhenti total selama 3 hari. Gerakan tersebut banyak diikuti masyarakat dengan berbagai kampanye dan ajakan. Pada info beredar itu, gerakan ini diberi nama Gotong Royong Kemanusiaan.

Adapun pelaksanaan Berhenti Total itu dimulai pada Jumat 10 April 2020 hingga Minggu 12 April 2020. Di mana pelaksanaan digelar serempak di Indonesia.

Berita Lainnya

“Virus tidak bisa pindah kecuali dipindahkan, dan jika dalam 24 jam tidak dipindahkan, virus mati sendiri,” tulis pesan tersebut.

Meski tujuannya positif, namun kutipan ini dianggap keliru. Karena virus Corona atau COVID-19 seperti dipaparkan pakar dapat hidup lama pada manusia.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menegaskan ajakan tersebut tidak jelas sumbernya.

“Tidak bisa dipertanggungjawabkan,” kata Achmad Yurianto, Kamis (9/4/2020).

Satu hal yang jelas pemerintah sudah mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah. Di Jakarta misalnya PSBB akan diterapkan mulai Jumat (10/4/2020).

Menurut Permenkes 9 tahun 2020 PSBB ini dilakukan selama masa inkubasi terpanjang yaitu 14 hari. Namun penerapan dapat diperpanjang tergantung dari laporan kasus konfirmasi terakhir.

Ada enam hal yang dibatasi atau diatur dalam PSBB yaitu sekolah, tempat kerja, kegiatan keagamaan, fasilitas umum, transportasi massal, hingga kegiatan sosial dan budaya. [rif]

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *