Viral! Oknum Brimob Obral Tembakan di Kawasan Wisata Polewali Mandar

  • Whatsapp
Suasana di lokasi wisata Salupajaang, Kecamatan Binuang, Sulawesi Barat, Senin (20/1/2020) saat oknum Brimob ngamuk. Foto: Tribun Timur.

INDOPOLITIKA.COM – Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri Eko mengaku kecewa dengan ulah oknum anggota Brimob di Polewali Mandar yang melepaskan tembakan ke udara di kawasan wisata Salupajaang, Kecamatan Binuang, Sulawesi Barat, Senin (20/1/2020) lalu. Kejadian itu lantas viral di media sosial dan menuai beragam kritikan.

“Hal seperti ini jangan terulang karena polisi sebagai penegak hukum juga harus taat pada hukum  dan aturan yang berlaku,” kata Eko Indra kepada wartawan, Rabu (22/1/2020).

Baca juga:

Eko mengimbau, penggunaan senjata api sembarangan sangat dilarang. Ia menyebut, polisi harus mengupayakan jalur persuasif dengan warga bila ada ketegangan. “Harus menjadi tauladan dalam masyarakat kalau ada persoalan harus diselesaikan dengan cara-cara yang  baik,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Djafar buka suara terkait dugaan tindakan arogan oknum anggota Brimob Polda Sulbar ini. “Dansat Brimob Polda Sulbar saat ini masih berada di Kabupaten Polman dan telah saya perintahkan dan hari ini, seluruh anggota yang diduga terlibat langsung saya tarik ke Polda untuk diproses di Propam Polda,” kata Kapolda, Selasa (21/1/2020).

Baharuddin menambahkan, pihaknya saat ini sedang menelusuri apa yang menjadi pemicu sehingga kejadian tindak penganiayaan antara oknum anggota Brimob dan warga bisa terjadi.

“Saat ini, kita masih menelusuri. Kalau nantinya pemicu masalah ini berawal dari anggota kami, maka kita akan proses sesuai dengan ketentuan yang ada dan sanksi akan kita berikan sesuai dengan kesalahan yang diperbuat,” ujarnya.

“Sekarang yang terpenting saat ini masyarakat yang ada di Kabupaten Polman sudah merasa tenang dan tentram. Kemudian penanganan pidana umum di Polres dijalankan, sedangkan untuk internal kami (oknum), saya harus proses di Propam Polda Sulbar bagi anggota kami,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *