Viral Sinar Aneh Pasca Gempa Malang, Berikut Keterangan BMKG

  • Whatsapp

Pasca Gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter yang mengguncang Kabupaten Malang dan sekitarnya, masyarakat dihebohkan dengan kemunculan sinar aneh di langit Blitar. Tidak sedikit netizen yang mengaiktan sinar berwarna-warni yang tertutup awan tersebut dengan gempa yang baru saja terjadi.

Dalam video viral berdurasi 13 dekit yang ditonton  lebih 113 ribu orang di media sosial twitter tersebut, penggugah menyebut langit pasca gempa guys. Melansir detik.com Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut tidak ada hubungannya fenemona langit dan gempa bumi.

Berita Lainnya

“Gak nyambung ya, tidak ada kaitannya antara gempa yang baru terjadi dengan sinar itu. Karena gempa disebabkan oleh aktivitas di dalam bumi. Sementara sinar itu terbentuk karena faktor cahaya matahari dengan awan yang berada di atas bumi atau di langit,” jelas Kepala Stasiun BMKG Malang, Ma’muri pada Sabtu (10/04/2021).

Ma’muri menambahkan setelah gempa ada laporan hujan lebat di Blitar, sehingga masih ada awan tebal disekitar wilayah tersebut yang menutupi matahari. Warna-warni yang ditimbulkan bisa jadi adalah pelangi, karena faktor pebiasan sinar matarahi oleh titik-titik hujan.

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *