Viral Sinyal SOS di Google Maps Pulau Laki, Basarnas Tak Temukan Sesuatu

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Warganet sempat dihebohkan dengan beredarnya tangkapan layar aplikasi google maps yang menampilkan ikon SOS di Pulau Laki, Kepulauan Seribu. Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) pun langsung merespons kabar viral tersebut. Tim SAR gabungan pun mengecek ke lokasi.

Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman memastikan, tidak ada temuan apapun yang berkaitan dengan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di titik Pulau Laki tersebut.

Berita Lainnya

“Saya sudah konfirmasi sama anggota (di lapangan) tidak menemukan sesuatu,” kata Rasman di Posko Pencarian Sriwijaya Air SJ 182, Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Jakarta Utara, Rabu (20/1/2021).

Rasman mengungkapkan, pihaknya memperoleh informasi terkait aktivitas nelayan di Pulau Laki.

Berdasarkan keterangan yang diterima, nelayan menjadikan pulau tak berpenghuni itu sebagai tempat berteduh ketika berlayar di Kepulauan Seribu.

“Biasanya kalau cuaca kurang baik nelayan akan berlindung di situ. Perahunya dinaikkan. Mungkin ya dia main handphone atau segala macem, ya bisa saja. Tapi kalau berkaitan dengan Sriwijaya tidak ditemukan,” ucap dia.

Hal senada juga diungkapkan Kapolsek Kepulauan Seribu Ajun Komisaris Besar Eko Wahyu. Ia menduga sinyal SOS di Google Maps Pulau Laki adalah keisengan oknum tak bertanggung jawab.

“Kemungkinan begitu. Makanya kami mau koordinasi sama Google dulu,” ujar Eko dikutip dari Tempo Tempo, Rabu, 20 Januari 2021.

Eko mengatakan polisi dan tim Basarnas bahkan pernah bersandar di pulau tersebut karena kondisi laut yang sedang badai. Selama bersandar, tim sekaligus mencari korban Sriwijaya Air SJ182 yang mungkin tersapu ke pantai tersebut.

Selama proses penyisiran pulau di Kepulauan Seribu itu, Eko mengatakan tim SAR tak menemukan apapun. “Kan kalau memang ada sesuatu di sana, sudah kami umumkan,” ujar Eko. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *