Viral! Tak Tamat SD, Montir di Pinrang Ciptakan Pesawat Ultra Light dari Barang Bekas

  • Whatsapp
Chaerul, si perakit pesawat ultra light.

INDOPOLITIKA.COM – Berbekal ketekunan serta semangat juangnya, pemuda bernama Chaerul, warga Kelurahan Pallameang, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan ini berhasil membuat pesawat jenis ultra light dan terban dengan mulus.

Pesawat tersebut diterbangkan Chaerul. Sebelum diterbangkan, Chaerul berkutat selama kurang lebih tiga bulan meramu pesawat itu supaya bisa diterbangkan.

Bacaan Lainnya

Dan saat diujicobakan di Pantai Ujung Tappe, Kecamatan Mattiro Sompe, Pinrang, pesawat buatannya itu pun berhasil diterbangkan dengan ketinggian sekitar 300 mdpl tanpa ada kendala.

Lebih mengagumkan lagi, pria yang hanya mengenyam bangku kelas lima SD ini hanya menggunakan mesin motor Kawasaki Ninja serta barang bekas sebagai body pesawatnya. Namun tak dinyana, pesawat ciptaan Chaerul mampu terbang.

Kini, pria yang sehari-hari bekerja sebagai montir itu jadi buah bibir. Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan pun memberikan apresiasi. Dua figur utama di Sulsel itu bahkan mengaku akan membantu Chaerul mengembangkan bakatnya berupa bantuan mesin nantinya. Bahkan, putra almarhum Presiden BJ Habibie, Ilham Habibie juga memberikan pujian terjadap sosok Chaerul.

“Saya masih gemetar merasakan sensasi terbang untuk pertama kalinya,” kata Chaerul, kala pertama kali menerbangkan pesawat rakitanya saat itu.

Ya, pesawat ultra light buatan Chaerul ini terbuat dari barang bekas. Di antaranya roda gerobak pengangkut pasir, sedangkan sayap yang terbentang di atas pesawat tersebut terbuat dari parasut bekas yang biasa dijadikan penutup mobil. Sementara mesinnya terbuat dari mesin motor Kawasaki Ninja RR 150 cc.

Sejak pesawatnya viral, Chaerul juga menjadi buh bibir. Dan kini, banyak orang yang penasaran dengan sosoknya. Imbasnya, Chaerul dalam waktu dekat ini akan menghadiri beberapa undangan televisi.

Setidaknya, berdasarkan pengakuan dia, pada 21-22 Januari sudah terkonfirmasi diundang ke Program Hitam Putih. “Dan tanggal 25-26 Januari diminta ketemu sama Surya Paloh di Makassar,” terangnya.[asa]

View this post on Instagram

Akhirnya bisa terbang 😁😁💪💪

A post shared by Makassar Info (@makasar_info) on

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *