Viral Video Dinas Sosial DKI Siapkan Paket Bantuan Bahan Pangan untuk 14 Hari, Begini Penjelasannya

  • Whatsapp
Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Irmansyah

INDOPOLITIKA.COM – Beredar video di media sosial yang menampilkan seorang pria mengabarkan bahwa Dinas Sosial DKI Jakarta telah menyiapkan bantuan logistik berupa paket bahan makanan seperti beras, minyak goreng dan makanan siap saji lainnya.

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Irmansyah tak menampik bahwa video yang beredar adalah dirinya. Menurutnya pihaknya memang telah menyiapkan bantuan lagistik untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Positif Covid-19. Namun, ada sejumlah syarat bagi penerima bantuan tersebut. Salah satunya, ODP, PDP dan Positif Covid-19 adalah warga ber-KTP DKI Jakarta.

Bacaan Lainnya

Selain ber-KTP DKI Jakarta, Irmansyah melanjutkan, telah ada keterangan dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta ataupun pihak Rumah Sakit (tim medis) bahwa memang orang tersebut harus diisolasi atau keinginan mandiri dari ODP, PDP dan Positif Covid-19 untuk isolasi mandiri bersama keluarga.

 

Perlu ada keterangan pula dari Kelurahan, RW, maupun RT bahwa benar orang tersebut mengisolasikan diri bersama keluarga atau memang harus diisolasi di dalam rumah tanpa ada yang bisa keluar rumah selama 14 hari.

“Jika keterangan tersebut lengkap, maka kami dapat berikan salah satu bantuan, yaitu makanan siap saji atau mereka masak sendiri di rumah dengan kami siapkan logistik naturanya. Bantuan ini untuk mempermudah orang tersebut selama menjalani isolasi diri di rumah,” ujarnya Irmansyah.

Irmansyah menuturkan, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta menyiapkan satu paket per jiwa untuk 14 hari. Satu paket tersebut berisi mie instan 1 dus, beras 6 kilogram, sarden 14 kaleng, biskuit 9 bungkus, dan minyak goreng 2 liter.

“Kalau dalam 1 keluarga, 1 KK itu ada 5 orang, maka akan mendapat 5 paket. Mudah-mudahan ini bisa segera kita salurkan untuk membantu warga dalam kebutuhan yang mendesak,” pungkasnya Irmansyah, Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta.

Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta konsisten menyiapkan bantuan berupa makanan siap saji dan logistik natura bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Positif COVID-19.

Sejauh ini, dikutip dari laman corona.jakarta.go.id, di DKI Jakarta terpantau ada 1.811 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dengan 441 diantaranya masih proses pemantauan dan 1.370 selesai pemantauan. Sementara Pasien Dalam Pemantauan (PDP berjumlah 849, dengan 568 masih dirawat sementara 281 telah sehat dan pulang.

Sedangkan untuk pasien positif covid-19, terdapat 686 pasien dimana 601 orang masih sedang dirawat, 30 orang dinyatakan sembuh dan yang meninggal 55 orang. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *