Wabah Virus Corona, Penghuni Hotel di Kawasan Industri Bekasi Alami Penurunan

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kabupaten dan Kota Bekasi merupakan kawasan industri yang banyak didatangi pekerja dari luar negeri termasuk TKA China atau tenaga kerja asing.

Namun kini tingkat kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) China itu nampak menurun karena adanya wabah virus corona. Hal ini juga dampak dari penghentian penerbangan rute dari dan ke Cina menuju Indonesia.

Baca juga:

“Iya dampak ada tentu dengan adanya wabah virus corona,” ujar Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat, Herman Muchtar, Jumat (14/2/2020).

Menurutnya, pengaruh wabah virus corona membuat okupansi hotel di Kabupaten dan Kota Bekasi menurun dengan angka 5 persen. Kata Herman, okupansi hotel di Bekasi terutama kawasan industri seperti Kabupaten dan Kota Bekasi, didominasi para pebisnis asal Cina yang tujuannya menginap dalam mengurus bisnis bukan wisata.

“Rata-rata TKA Cina yang datang ini seorang pebisnis, dan keluarganya yang menginap di sejumlah hotel di Kabupaten dan Kota Bekasi,” jelasnya.

Sejak adanya informasi wabah virus corona, membuat Indonesia bersiaga dengan salah satunya adalah dilarangnya penerbangan dari maupun ke Cina.

Dampak lainnya ditambah, lanjut Herman seluruh TKA yang menuju Indonesia lebih dijaga ketat dalam pengawasan kesehatannya, sehingga membuat mereka cancel datang ke Tanah Air.

Pihaknya juga sangat berharap wabah virus corona ini cepat terselesaikan di Cina dan negara lainnya, agar membuat okupansi hotel di Indonesia kembali membaik.

“Harapannya segera dicegah agar virus corona tak masuk ke Indonesia, dan segera terselesaikan dan penerbangan dibuka kembali,” tutur dia.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia telah mengumumkan untuk menghentikan penerbangan dari dan ke Cina sejak pukul 00.00 Rabu 5 Februari 2020 lalu, sampai batas waktu yang belum ditentukan.[ab]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *