Waduh, Ternyata Charge HP di Port USB Umum itu Bahaya Lo!

  • Whatsapp
Ilustrasi

INDOPOLITIKA.COM – Jangan kira bahwa colokan USB (Universal Serial Bus) di tempat publik aman. Banyak riset maupun literasi sudah menyatakan dan membuktikan, bahwa colokan USB yang disusupi mampu mencuri data atau memasang virus kepada perangkat yang terhubung USB.

Teknologi yang digunakan itu sering disebut sebagai juice jacking (pembajakan pengisi daya USB). Ahli keamanan siber IBM pernah meneliti kejahatan juice jacking di beberapa tempat keramaian seperti bandara, stasiun kereta api dan beberapa tempat umum lainnya.

Berita Lainnya

“Lubang USB bisa dimodifikasi dengan perangkat lunak khusus,” kata peneliti IBM sebagaimana dikutip dari cyberthreat.id, Senin (25/11/2019).

Data yang lazim diambil lewat colokan USB diantaranya rekening bank, Email, foto, pesan teks hingga nomor kontak.

Kekinian, juice jacking sudah merambah pada pembajakan video, semua yang anda ketik, anda tonton hingga anda lakukan bisa dipantau oleh seseorang dari jarak jauh.

Gak cuma itu, mereka juga bisa mengakses kamera depan ponsel yang sudah disusupi dan melihat segala aktivitas di depan ponsel.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh staff laboratorium Kaspersky pada tahun 2016, proses pencurian data oleh penjahat cyber seperti itu cuma memakan waktu tiga menit.

Prosesnya tergolong gampang. Saat kamu mencolokkan ponsel ke lubang USB, maka kamu sudah menyambungkan ponselmu ke perangkat eksternal yang akan langsung memulai proses penyalinan datamu ke penjahat dunia maya

Peringatan dari Kantor Kejaksaan Distrik LA menyebutkan, “stasiun pengisian daya USB publik di bandara, hotel, dan lokasi lain berpotensi membahayakan perangkat di seluruh dunia.”

Untuk itu, para pengguna ponsel disarankan untuk membawa bank daya dan kabel masing-masing ketika mereka berpergian. Sudah banyak outlet-outlet yang menjual bank daya, baik secara daring maupun luring. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *