Ini Pesan Menteri Yohana Yembise

“Wahai Legislator Perempuan, Jaga Harga Diri & Nama Baik Kalian”

  • Whatsapp
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise

INDOPOLITIKA- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise membakar semangat para anggota legislator perempuan yang lolos ke Senayan pada  Pemilu 2019 ini.  Menteri Yohana bilang, meski sesungguhnya jumlah legislator perempuan pada Pemilu 2019 naik signifikan, dibanding pemilu sebelumnya. Namun sejatinya perjuangan kaum perempuan baru dimulai.

Dia berharap para srikandi parlemen harus lebih lantang menyuarakan dan memperjuangkan hak perempuan dan anak. Menteri Yohana menitipkan tiga poin yang mesti menjadi fokus perjuangan srikandi parlemen.

Baca Juga:

“Pertama, Pengarusutamaan Gender (PUG) dimasukkan dalam semua program kerja dan segala lini pembangunan negara. Kedua, program dilakukan secara keberlanjutan dan terus menerus. Ketiga, good governance. Para legislator perempuan harus bebas korupsi. Jagalah harga diri dan nama baik kaum perempuan,” pesan Menteri Yohana di Jakarta, Senin (2/9/2019) malam.

Menteri Yohana berharap para legislator perempuan bisa mengambil peran penting dalam pengambilan keputusan di lingkungan DPR, DPD, dan DPRD. Kementerian PPPA, dikatakan Menteri Yohana,  telah melakukan upaya untuk meningkatkan gairah kaum perempuan agar mau berpartisipasi aktif dalam pembangunan di antaranya mengeluarkan Peraturan Menteri PPPA Nomor 10 Tahun 2015 tentang Grand Design Peningkatan Keterwakilan Perempuan di DPR, DPD, dan DPRD pada Pemilu Tahun 2019.

Langkah-langkah operasional juga telah dilaksanakan. Pertama, pelatihan bagi fasilitator politik perempuan di 34 provinsi. Kedua, pelatihan kepemimpinan perempuan potensial bakal calon kepala daerah. Ketiga, pendidikan politik kebangsaan perspektif gender. Keempat, bekerjasama dengan Kementerian Pertahanan dalam melaksanakan pelatihan perempuan bela negara. Kelima, pelatihan kepemimpinan perempuan perdesaan. Keenam, penguatan kapasitas perempuan calon legislatif pusat dan daerah.

Ketua Presidium Kaukus Perempuan Parlemen  sekaligus Anggota DPD terpilih periode 2019 – 2024 , Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas mengatakan selain kuantitas, kualitas merupakan hal terpenting dalam memperjuangkan hak perempuan dan anak di parlemen.

“Utamanya dalam menghasilkan kebijakan yang responsif gender. Para legislator perempuan terpilih juga harus berani tampil, bersuara dan berpendapat, serta punya inisiatif untuk mengambil peran substantif, dan percaya diri menjadi ketua alat kelengkapan di lembaganya masing-masing. Manfaatkan perjuangan istimewa ini untuk saling menguatkan legislator perempuan, karena dengan bersatu seluruh anggota parlemen perempuan bisa unggul dan maju,” ujar GKR Hemas.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *