Wakil Dirut PLN: Sistem Kelistrikan di Ibukota Baru Nanti Keren Banget Deh

  • Whatsapp
Wakil Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero, Darmawan Prasodjo.

INDOPOLITIKA.COM- Wakil Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Darmawan Prasodjo mengatakan, sistem kelistrikan (electricity system) di ibukota baru di Penajam Paser Utara-Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur nantinya akan menggunakan teknologi listrik terbaik di dunia.

“Ibukota baru perintah Presiden nanti menggunakan the leading edge technology dalam electricity system-nya. Bukan hanya menyediakan electricity system tetapi juga juga environmental sustainiblity renewable energy kalau bisa 100 persen,” tutur Darmo di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (17/01/2020).

Bacaan Lainnya

Selain itu, lanjut Darmo, di sana juga nanti menggunakan smart meter, vp solar, green energy, batter energy storage system, dan menyiapkan skema energi untuk kendaraan listrik melalui stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

“Sudah ada perintah juga di ibukota baru nanti semua kendaraannya berbasis listrik yang keren banget lah. Daerahnya cantik sekali berbukit-bukit. Ditambah sistem kelistrikannya juga bukan hanya andal tetapi juga friendly dan secara teknologi adalah teknologi terbaik dunia,” sambungnya.

Untuk mewujudkan itu, lanjut, Darmo, PLN sudah berkolaborasi dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian PUPR serta pemerintah daerah setempat.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan kebutuhan listrik ibukota baru akan memerlukan tambahan kapasitas pembangkit sekitar 1.555 MW. Sementara data Kementerian ESDM memperkirakan kebutuhan total ibu kota baru mencapai 1.196 MW. [sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *