Wakil Panglima TNI Harus Pengalaman Kepala Staf

  • Whatsapp
Kepala KSP Moeldoko (ist)

INDOPOLITIKA.COM – Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, mengatakan jabatan wakil Panglima Tentara Nasional Indonesia akan diisi oleh perwira tinggi TNI berpangkat jenderal atau bintang empat. Selain itu, tegas Moeldoko, wakil Panglima TNI juga berpengalaman sebagai kepala staf angkatan.

“Tetap bintang empat. Intinya bahwa wakil panglima bintang empat dan dia setiap saat bisa menjalankan fungsi kepanglimaan maka seyogyanya memang sudah punya pengalaman kepala staf angkatan,” kata Moeldoko di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Muat Lebih

Moeldoko menuturkan, saat ia menjabat orang nomor satu di tentara sudah pernah melakukan kajian untuk mengadakan kembali wakil Panglima TNI. Dia menjelaskan dasar pertimbangannya secara empirik adalah jabatan wakil Panglima TNI memang pernah ada sebelumnya.

Selain itu, kata Moeldoko, pertimbangan secara operasional adalah Panglima TNI sering melakukan perjalanan ke luar negeri. Misalnya, meninjau pasukan TNI yang tengah melakukan tugas operasi di luar negeri. Ini mengingat banyak pasukan TNI yang dikirim bertugas di luar negeri seperti Libanon, maupun negara-negara Afrika lainnya.

“Panglima harus memastikan semua pasukan yang sedang operasi di luar negeri berjalan dengan baik semuanya, baik itu operasi laut maupun operasi darat sehingga keberadaan Panglima sering meninggalkan tempat,” ujarnya.

Selama ini, lanjut Moeldoko, kalau akan bertugas ke luar negeri, Panglima TNI membuat surat perintah kepada kepala staf angkatan untuk menjalankan tugas. Padahal, kata Moeldoko, tugas Panglima TNI dan kepala staf angkatan berbeda.

“Panglima itu tugasnya berkaitan dengan operasional mengerahkan kekuatan, sedangkan kepala staf angkatan tugasnya pembinaan menyiapkan prajurit supaya siap perang,” jelasnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *