Internasional

Wakil PM Malaysia Puji Gerak AHA Centre di Sulteng

Wan Azizah berharap pergerakan cepat dari AHA Centre ini terus ditingkatkan. (Photo:Medcom.id/Sonya)

Jakarta: Wakil Perdana Menteri Malaysia Dr. Wan Azizah mengunjungi Badan Penanggulangan Bencana ASEAN (AHA Centre) di Jakarta. Kunjungan ini menjadi salah satu bagian kunjungan perdananya ke Indonesia. 

Di AHA Centre, Wan Azizah mendapat penjelasan dan juga cerita dari tim AHA Centre yang baru saja kembali dari Palu, Sulawesi Tengah, untuk mengkoordinasi bantuan internasional yang masuk.

Mendengar cerita dari para relawan AHA Centre yang langsung terbang ke Palu sehari setelah gempa terjadi, Wan Azizah memuji keberanian mereka.

“Puji saya untuk AHA Centre dan para stafnya, terutama para petugas penyelamat yang baru kembali dari Palu untuk mendukung korban gempa dan tsunami. ASEAN harus bersatu untuk membantu Sulteng,” kata Wan Azizah di AHA Centre, Gedung BNPB, Jakarta, Selasa 9 Oktober 2018.

“Tak membayangkan bagaimana para petugas penyelamat dari berbagai negara di ASEAN bersatu untuk membantu mencari jenazah, mengkoordinir bantuan internasional. Semua dilakukan dengan tulus dan mengesampingkan keselamatan diri sendiri,” lanjut dia.

Wan Azizah pun berharap pergerakan cepat dari AHA Centre ini terus ditingkatkan. Apalagi, wilayah Asia Tenggara akhir-akhir ini kerap dilanda bencana. 

Selain itu, Wan Azizah juga mendapatkan informasi dari Direktur Eksekutif AHA Centre, Adelina Kamal, bagaimana AHA Centre bekerja saat gempa mengguncang Palu dan Donggala.

Selama membantu korban gempa dan tsunami, tim AHA Centre yang berada di Palu juga berkoordinasi dengan tim yang berada di Balikpapan.

Pasalnya, bantuan internasional tak bisa langsung masuk ke Palu, melainkan harus berhenti di Balikpapan. Setelah itu, bantuan-bantuan tersebut dikirim lewat Makasar dengan jarak tempuh dua jam lewat darat masuk ke Palu.

Di Indonesia, Wan Azizah sempat diterima oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor, pagi hari tadi dan membicarakan sejumlah isu bilateral.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close