Internasional

Wapres Berbagi Kemajuan Inklusi Keuangan RI dengan Ratu Belanda

Wapres JK saat menceritakan tentang inklusi keuangan di Indonesia kepada Ratu Maxima. (Foto: Dok. Kemenlu RI).

New York: Wakil Presiden RI Jusuf Kalla melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal Advokasi Keuangan Inklusif untuk Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ratu Maxima. Dalam pertemuan yang digelar di sela Sidang Majelis Umum PBB, JK berharap Ratu Maxima mendorong pengembangan lebih lanjut inklusi keuangan di Indonesia.

"Harapan kami Yang Mulia mendukung pengembangan lebih lanjut inklusi keuangan di Indonesia," tuturnya, dikutip dari wapresri.go.id, Rabu 26 September 2018.

Menurut dia, bilateral ini dilakukan untuk mempercepat inklusi keuangan di Indonesia, untuk diterapkan dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Tujuannya agar dapat memiliki akses ke lembaga keuangan.

"Kami telah memperluas inklusi keuangan pada masyarakat dan telah memaksimalkan teknologi untuk memperluas jaringan agen-agen online," katanya.

Dalam pertemuan tersebut, JK menceritakan beberapa kemajuan inklusi keuangan di Indonesia. Dia menuturkan Indonesia telah menyederhanakan upaya inklusi keuangan dengan menyelaraskan agen-agen online, mengintegrasi bantuan pemerintah dan mengoptimalkan penggunaan kartu elektronik.

Peran dunia digital saat ini telah memengaruhi kehidupan dan aktivitas masyarakat agar kehidupannya lebih mudah dan efektif. Salah satu jenis start-up yang mulai naik daun berada di bidang finansial dan teknologi (Fintech).

Fintech ini semakin lama memengaruhi kebiasaan transaksi masyarakat menjadi lebih praktis dan efektif. JK mengatakan, Fintech juga membantu masyarakat lebih mudah mendapatkan akses ke produk keuangan dan meningkatkan literasi keuangan.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close