Internasional

Warga AS Puas dengan Kepemimpinan Trump

Tingkat kepuasaan warga AS terhadap Donald Trump meningkat (Foto: AFP).

Washington: Lebih banyak orang Amerika Serikat (AS) sekarang menyetujui pekerjaan yang dilakukan Presiden Donald Trump daripada sebelumnya. Sebuah penelitian jajak pendapat baru menunjukkan, Selasa 24 Juli.
 
Agensi survei dan riset, Gallup Poll, menunjukkan peringkat kepuasan Trump pada 42 persen untuk kuartal keenam pemerintahannya. Kuartal itu berlangsung dari 20 April hingga 19 Juli.
 
Dikutip dari UPI, Rabu 25 Juli 2018, rating terbaru Trump meningkat dari 39,1 persen yang didapatnya di kuartal kelima.
 
Kuartal keenam termasuk tinggi secara pribadi sebesar 45 persen selama pekan pertemuan bersejarah 12 Juni dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.
 
Rating persetujuan sesudah pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, di mana dia secara terbuka meragukan laporan intelijen AS dari campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden 2016, tampaknya tidak terpengaruh.
 
Namun, level terbaik Trump masih sangat rendah dibandingkan sembilan presiden pasca-Perang Dunia II lainnya dalam masa jabatan pertama mereka. Peringkat ini yang terendah dari semua kecuali satu — Jimmy Carter, yang mencapai kepuaasan 41,8 persen di kuartal keenam pada 1978.
 
Garis partai menunjukkan perpecahan yang diperkirakan pada kuartal keenam Trump, dengan persetujuan 88 persen di antara Partai Republik, 36 persen di antara independen dan 9 persen di kalangan Demokrat.
 
Jajak pendapat mencatat presiden lain juga di bawah 50 persen persetujuan pada saat ini di antara kepresidenan mereka, termasuk Ronald Reagan (44,2 persen), Bill Clinton (46,1 persen), dan Barack Obama (47,3 persen), yang ketiga, seperti Carter, menjabat selama masa ekonomi yang susah.
 
George W. Bush memiliki rata-rata tertinggi enam-perempat, 74,9 persen, yang diperoleh hanya tujuh bulan setelah serangan teroris 11 September 2001.
 
Dari perspektif yang lebih luas, peringkat rata-rata kuartal keenam Trump di seperlima terbawah dari hampir 300 tempat kepresidenan dalam sejarah pemungutan suara Gallup Poll.
 
Hasilnya didasarkan pada wawancara dengan lebih dari 19.000 orang dewasa dan memiliki marjin kesalahan sebesar 1 poin.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close