Warga Gunung Kidul Temukan Granat Aktif Saat Bersihkan Pekarangan Rumah

  • Whatsapp
Tim Gegana Polda DIY saat mengamankan granat di salah satu pekarangan rumah warga.

INDOPOLITIKA.COM – Penemuan bahan peledak granat di Dusun Corot RT 15, Desa Karangduwet, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarta, gegerkan warga setempat. Granat nanas yang disebut-sebut masih aktif itu pertama kali ditemukan Hendro Triyudono (44) saat membersihkan halaman rumahnya, Minggu (3/11/2019).

Menurut Hendro, temuanya tersebut langsung diceritakan kepada warga sekitar yang langsung berbondong-bondong datang membuktikan omonganya. Dikatakan dia, saat ditemukan, granat itu sudah lama ada dilihat dari kondisinya yang terlihat tebal diselimuti tanah.

Baca Juga:

“Biasa kalau lagi libur saya suka bersihkan rumah. Saat sedang nyapu ini, saya malah ketemu granat. Saya laporin ke warga, terus disampaikan ke Bhabinkamtibmas, terus ke polisi dan Gegana,” ujarnya.

Mendapati laporan itu, Tim Gegana Polda DIY langsung mendatangi rumah Hendro. Tiba di lokasi, tim lantas melakukan penggalian, dan berhasil mengangkat granat yang dimaksud. Peledak berbahaya itu lantas ditempatkan khusus untuk dilakukan identifikasi singkat. Saat ini, granat temuan itu telah dibawa ke Markas Gegana Polda DIY guna melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Kapolsek Paliyan, AKP Edy Purnomo, menjelaskan, menurut hasil keterangan Kepala Tim Gegana Polda DIY granat jenis nanas itu masih aktif. “Secara umum dia mengatakan dalamnya masih aktif, walaupun sudah termakan polusi alam. Intinya didalamnya masih aktif,” kata Edy kepada awak media.

Menurut Edy, penemu granat tersebut pernah membeli pasir dari daerah lain. Kemungkinan granat tersebut terbawa dari pasir itu.

“[dugaan asal granat] Pak Hendro pernah membeli pasir, kemungkinan asal-usulnya kebawa dari pasir itu. Setahu kami wilayah kami walaupun tempat latihan tapi untuk istirahat belum pernah di halaman rumah warga, ada tempat-tempat tertentu untuk istirahatnya,” tuntasnya.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *