Warga Papua Usul Pemekaran Wilayah Baru, Jokowi Beri Tanggapan Ini

  • Whatsapp
Presiden Jokowi saat berdialog dengan berbagai elemen tokoh Papua, Senin, (28/10/2019). (Foto: Humas Kemensetneg)

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Joko Widodo akan menindaklanjuti usulan pemekaran wilayah di Pegunungan Tengah, Provinsi Papua, meski saat ini sedang dalam moratorium atau penangguhan. Khusus untuk wilayah itu, akan menjadi pekerjaan rumah (PR) Jokowi ketika kembali ke Jakarta.

“Sebetulnya saya ngomong apa adanya, sebetulnya kita kan sudah sampaikan sejak awal kita sudah moratorium tidak ada pemekaran di seluruh Indonesia,” ungkap Jokowi saat menerima usulan pemekaran dari perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat Papua di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, Senin, (28/10/2019).

Baca Juga:

Jokowi menjelaskan bahwa sebetulnya pemekaran wilayah di seluruh Indonesia sedang dalam moratorium atau penangguhan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya usulan pemekaran, baik provinsi maupun kabupaten/kota yang disampaikan kepadanya.

“Ada 183 pemekaran baik provinsi, kabupaten, maupun kota yang diusulkan kepada saya. Begitu dibuka satu, yang lain pasti ngantri di depan kantor saya setiap hari,” kata Presiden, sebagaimana dilansir dari siaran pers Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Erlin Suastini.

Meski demikian, Kepala Negara mengatakan khusus untuk wilayah Pegunungan Tengah, Papua, usulan pemekaran wilayah akan ia tindak lanjuti. Presiden menyebut, hal tersebut akan menjadi PR (pekerjaan rumah) baginya setelah pulang dari Papua.

“Tapi khusus untuk Pegunungan Tengah, jangan tepuk tangan dulu, akan saya tindak lanjuti,” imbuhnya disambut tepuk tangan para hadirin.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *