WHO Sebut Wabah Virus COVID-19 Bisa Segera Diatasi

  • Whatsapp
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus

INDOPOLITIKA.COM – Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus bahwa virus COVID-19 dapat dikendalikan. Keyakinan itu menyusul adanya temuan terbaru WHO-Tiongkok untuk menuntaskan permasalahan ini.

Tedros sendiri menegaskan, hasil temuan WHO-Tiongkok akan dipublikasikan kepada publik, Selasa (25/2/2020) waktu setempat.

Bacaan Lainnya

“Tetapi pesan penting yang harus disampaikan kepada seluruh negara di dunia bahwa ada harapan, keberanian, dan kepercayaan diri bahwa virus ini dapat diatasi,” kata Tedros melansir Xinhua news.

Dia menambahkan bahwa tim ini telah melakukan perjalanan ke beberapa provinsi yang berbeda, termasuk Wuhan, pusat penyebaran virus, dan telah membuat berbagai temuan tentang penularan virus, tingkat keparahan penyakit dan dampak dari tindakan yang diambil.

“Epidemi memuncak dan tetap memuncak antara tanggal 23 Januari hingga 2 Februari di Tiongkok, dan terus menurun sejak itu,” kata Tedros, menambahkan bahwa virus tidak memiliki perubahan signifikan dalam DNA.

Tingkat kematian adalah antara dua hingga empat persen di Wuhan, dan 0,7 persen di luar Wuhan, sementara waktu pemulihan untuk orang dengan gejala ringan adalah sekitar dua minggu dan mereka yang dengan kondisi parah atau kritis mungkin perlu tiga hingga enam minggu untuk pulih, menurut laporan tim.

Namun Tedros tetap memperingatkan agar tidak lengah terhadap epidemi. “Ini adalah waktu bagi semua negara, komunitas, keluarga dan individu untuk fokus pada persiapan,” Tedros menegaskan.

“Kita harus fokus pada penahanan virus, sambil melakukan segala yang kita bisa untuk mempersiapkan kemungkinan pandemik,” tutupnya.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *