Wiranto Ingin 78 WNI Bebas Corona di Kapal Jepang Dievakuasi

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto mengatakan bakal menyarankan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengevakuasi 78 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi awak di kapal pesiar Jepang, Diamond Princess.

Kapal pesiar itu diketahui masih dikarantina akibat penyebaran virus corona. Sebanyak 78 WNI itu sendiri sampai saat ini dinyatakan negatif virus corona. “Ya dicatat, akan disarankan (kepada Presiden Jokowi untuk dievakuasi),” kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Bacaan Lainnya

Namun, Wiranto tak bicara banyak kapan pihaknya akan menyarankan hal itu ke Jokowi. Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Perlindungan Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto meminta semua pihak tak paranoid dengan dengan keberadaan WNI yang masih berada di kapal pesiar milik Jepang itu.

Meskipun demikian, pihaknya akan tetap berhati-hati. “Sebenarnya kita tak boleh paranoid juga. Memang betul bahwa kapal pesiar itu berasal dari daerah endemis, ya kami akan berhati-hati di dalam kaitan ini,” kata Yurianto.

Yurianto menjelaskan virus corona tak ditularkan melalui pandangan mata manusia maupun debu-debu yang terbang. Virus yang berasal dari wilayah Wuhan, Provinsi Hubei, China itu, dapat menular jika melakukan kontak dekat dengan penderita yang terkonfirmasi positif. “Penyakit ini ditularkan dengan faktor pembawa manusia bukan alat angkut dan bukan barang,” ujarnya.

Kementerian Luar Negeri menyatakan 78 WNI yang menjadi awak di kapal pesiar Jepang, Diamond Princess, sampai saat ini masih berada di atas kapal yang dikarantina akibat virus corona. Namun, mereka sampai saat ini dinyatakan negatif virus corona (Covid-19).[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *