Wishnutama Akui Kesulitan Datangkan 18 Juta Wisman Sampai Akhir Tahun Ini

  • Whatsapp
Menperakraf Wishnutama Kusubandio

INDOPOLITIKA.COM- Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengaku mengalami kesulitan mengejar target mendatangkan wisatawan mancanegara sebanyak 18 juta sampai akhir tahun ini.

Pasalnya, kata dia, dirinya baru saja terpilih menjadi menteri yang baru. Sehingga akan kesulitan untuk mengejar taget dalam waktu kurang lebih dua bulan.

Baca Juga:

“Saya sudah membicarakan hal ini dengan Bu Wamen (Wamenparekraf Angela Herliani Tanoesoedibjo). Ini bagaimana kami mengejar target kunjungan wisman yang masih sangat jauh sekali [dari target],” katanya.

Wishnu mejelaskan, biasanya wisatawan baik domestik dan mancanegara itu sudah membuat jadwal melakukan perjalanan atau menentukan destinasi wisata liburan akhir tahun  sudah direncanakan jauh-jauh hari.

Karena kata dia, wisatawan itu sudah booking untuk Desember atau liburan natal dan tahun baru satu tahun atau beberapa bulan sebelumnya.

“Ini juga tantangan buat kami dan bukan hal yang mudah jumlahnya cukup besar untuk mencapai target itu kurang dari 2 bulan,” kata

Namun, kata Wishnu pihaknya tidak akan menyerah. Akan ada gebrakan atau mencari jalan lain untuk bisa mendatangkan 18 juta wisatawan seperti yang sudah ditargetkan.

Sebelumnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia sepanjang Januari-September 2019 baru mencapai 10,86 juta. Padahal Kemenpar menargetkan 18 juta kunjungan wisman ke Indonesia pada tahun ini. Tujuannya agar ada devisa masuk ke kas negara sebesar US$20 juta.

Target 18 juta ini sebenarnya sudah diturunkan oleh Kemenpar. Awalnya itu, Kemenpar menargetkan kunjungan wisman sebanyak 20 juta, namun akhirnya diturunkan lantaran melihat kondisi tanah air Indonesia yang belakangan ini banyak terjadi bencana. [pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *