Workhop Kaderisasi Puluhan Ribu Habib Segera Digelar di Ponpes Tebu Ireng  

  • Whatsapp
Ma'had Aly se-Indonesia bertemu langsung dengan Menteri Agama Fachrul Razi.

INDOPOLITIKA.COMAsosiasi Ma’had Aly se-Indonesia (AMALI) menyambangi kantor kementerian agama, di Jakarta kemarin. Ada sejumlah pesan yang disampaikan KH Abdul Jalal sebagai pimpinan  rombongan, saat bertemu langsung dengan Menteri Agama Fachrul Razi.

Salah satunya terkait adanya kegiatan workshop kaderisasi ribuan ulama yang akan dihelat di Ma’had Aly Hasyim Asy’ari, Tebu Ireng, Jawa Timur. Kegiatan ini digagas Ma’had Aly guna melakukan peningkatan kemampuan ulama sekaligus menyebarkan moderasi Islam.

Baca Juga:

“Acara ini akan dihadiri 100 ribu habib dan santri di Indonesia. Kami berharap, Pak Menag berkenan menghadiri pembukaan acara tersebut pada 6 November mendatang,” tutur Abdul Jalal.

Diluar undangan kegiatan itu, poin pertama yang disampaikan KH Abdul Jalal dan rekanya kepada Menag, salam dari para kiai pengasuh Ma’had Aly se-Indonesia, atas pengangkatan Jenderal (Purn) Fachrul Razi sebagai Menteri Agama.

“Saya menyampaikan pesan dan doa para kiai, supaya mudah-mudahan bapak Menteri Agama bisa mengemban amanat sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Pak Presiden dan tentu kepada seluruh rakyat Indonesia,” kata Abdul Jalal.

Kedua, Abdul Jalal menyampaikan harapannya untuk melakukan pengembangan kurikulum di Ma’had Aly. Menurutnya, saat ini keberadaan Ma’had Aly perlu juga didukung dengan kelengkapan regulasi, utamanya yang mengatur tentang pengembangan Ma’had termasuk kurikulum.

“Kami sampaikan latar belakang berdirinya Ma’had Aly sampai dengan harapan-harapan ke depannya,” tutur Abdul Jalal yang ditemui usai pertemuan.

KH Abdul Jalal menyampaikan bahwa salah satu alasan didirikannya Ma’had Aly karena adanya keprihatinan karena minimnya jumlah ulama yang menguasai ilmu keagamaan secara utuh. KH Abdul Jalal juga mengungkapkan komitmen Ma’had Aly untuk bersama-sama menangkal radikalisme di Indonesia.

Ketiga, Abdul Jalal menyampaikan, bahwa Ma’had Aly berkomitmen untuk selalu menjadi mitra pemerintah untuk membangun keberagamaan di Indonesia.

“Tentu keberagamaan yang ingin dibangun oleh para Kiai di Ma’had Aly adalah keberagamaan yang moderat seperti yang diajarkan para wali, termasuk wali songo,” tutur pengasuh Ma’had Aly Situbondo ini.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *