Internasional

World Peace Forum 2018 Hasilkan 6 Komitmen Jakarta Message

Din Syamsuddin (ketiga dari kiri) paparkan enam komitmen dalam World Peace Forum 2018 di Jakarta (Foto: Marcheilla Ariesta).

Jakarta: World Peace Forum 2018 menghasilkan Jakarta Message yang mengandung enam komitmen. Din Syamsuddin, Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerja Sama Antarnegara dan Peradaban mengatakan enam komitmen tersebut sudah disetujui para peserta yang hadir.
 
"Ada enam komitmen yang kita sepakati, dan semoga dapat diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ucapnya di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis 16 Agustus 2018.
 
Pertama, kata Din, bekerja sama mengarusutamakan jalan tengah sebagai prinsip yang membimbing perwujudan peradaban dunia. Komitmen ini harus diimplementasikan dalam kehidupan politik, ekonomi, sosial dan budaya.
 
Komitmen kedua untuk mendorong negara mengambil tanggung jawab dalam membentuk peraturan dan mekanisme untuk implementasi jalan tengah di masing-masing negara. Yang ketiga, mendorong pemuka agama menampilkan keberagaman sebagai implementasi jalan tengah dalam lingkungan masyarakat.
 
"Keempat, mendoront akademisi, sarjana, melakukan penelitian ekstensif sebagai wujud implementasi jalan tengah," katanya.
 
Komitmen Jakarta Message kelima mendorong masyarakat luas melanjutkan prinsip-prinsip jalan tengah dalam kehidupan sehari-hari. Sementara yang ke enam mengajak seluruh stakeholders mengambil langkah global dalam mempromosikan jalan tengah.
 
Menurut Din, enam komitmen tersebut merupakan semangat Indonesia yang menunjukkan bahwa perbedaan bukan ancaman. Dia menambahkan Jakarta Message akan dibawa dalam pertemuan G20 karena hasilnya mengarah pada persamaan dan keadilan serta rekonsiliasi masa kini.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close