Wow, Mobil Baru Jokowi Anti Peluru dan Tahan Ledakan

  • Whatsapp
Mobul dinas kepresidenan

INDOPOLITIKA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendapat mobil dinas Mercedes Benz S600 Guard, menggantikan Mercedes Benz S 600 Pullman Guard warisan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Mercedes Benz S600 Guard merupakan mobil dengan tingkat perlindungan keamanan yang sangat tinggi untuk penumpang.

Baca Juga:

Sedan mewah ini mendapat sertifikat VR10, yakni sertifikasi tingkat perlindungan tertinggi untuk kendaraan non-militer. VR sendiri merupakan standar perlindungan balistrik terbaru yang diterapkan oleh negara-negara Eropa.

VR Menggantikan standar lama yang sebelumnya dipakai yaitu tingkat sertifikasi B1 sampai B7. VR10 sendiri sudah di atas tingkat B7. Perlindungannya mencakup daya tahan kaca dari senapan serbu.

Kacanya terbuat dari polikarbonat dengan ketebalan tertentu yang dapat meredam hantaman peluru kaliber 7,62 mm. Tidak hanya tahan serangan peluru, mobil ini juga mengusung sertifikasi ERV 2010 sebagai kendaraan yang tahan ledakan.

Mobil dirancang dengan sasis dan pertahanan khusus yang memastikan kuat terhadap ledakan. Salah satunya yaitu tambahan tameng atau pelat pada bagian bawah bodi.

Sehingga mobil tahan serangan ledakan bukan hanya dari kanan-kiri saja, tapi juga atas-bawah. Memastikan kabin merupakan tempat yang sangat aman.

Mercedes-Maybach S600 Guard mengusung mesin V12 berkubikasi 6000cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 530 tk dengan torsi 830 Nm.

Kecepatan maksimal mampu mencapai 160 kpj. Namun kecepatan ini masih dibatasi secara elektronik. Sisi kenyamanan didukung suspensi udara AIRMATIC, Anti Slip Regulation (ASR) serta Electronic Stability Program (ESP). Sebagai perlindungan ekstra, tersedia ban run-flat atau yang tetap bisa dipakai meski kempis hingga jarak sejauh 30,5 km.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, pemerintah telah delapan kendaraan dinas yang disiapkan untuk presiden dan wakilnya.

Kedelapan mobil tersebut memang tak digunakan secara bersamaan. Delapan unit Mercedes-Benz S 600 Guard disiapkan sebagai cadangan bila terjadi sesuatu pada presiden ataupun wakilnya.

“Semuanya kelas S 600, tetapi itu dengan kegiatannya Bapak Presiden, Bapak Joko Widodo selaku presiden yang berkeliling Indonesia, itu masih kurang karena kami harus memberangkatkan itu H-3, H-4, kami sudah berada di sana. Jadi kami harua berbagi itu 8 dan di sini juga harus ada cadangan. Di Jakarta tidak boleh tidak ada, Jakarta minimal dua satu yang operasional presiden, satu cadangan,” tutur Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Jakarta.

Kekurangan ketersediaan mobil dinas untuk presiden itu terkadang memaksa Jokowi untuk menaiki mobil yang tak sesuai dengan standar keamanan presiden. Seperti diketahui kendaraan dinas presiden dilengkapi dengan fitur anti-peluru tak seperti mobil pada umumnya.

“Di daerah kami tetap satu. Begitu di daerah ada masalah hal yang tidak diinginkan berarti mobil yang gantikannya non-standar. Kami selaku penanggung jawab dan Paspampres kan kalau bekerja di luar standar ya gimana,” imbuh Heru.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *