Wow, Nadiem Cs Bakal Dapat Mobil Dinas Rp 1,5 M

  • Whatsapp
Penampakan mobil dinas menteri seharga Rp 1,5 miliar

INDOPOLITIKA.COM – Nadiem Makarim dan 37 menteri lainnya akan mendapatkan sejumlah fasilitas untuk menopang kinerjanya sebagai menteri. Salah satunya adalah mobil dinas.

Kabarnya, para menteri Presiden Jokowi Jilid II ini akan mendapatkan mobil dinas baru yakni Toyota Crown 2.5 HV G-Executive yang dibandrol seharga Rp 1,5 miliar

Baca Juga:

Mobil dinas baru ini akan menggantikan Toyota Crown Royal Saloon yang dinilai pemerintah sudah tidak layak dalam menunjang pekerjaan para menteri.

Perlu diketahui, Toyota Crown Royal Saloon sudah beroperasi menjadi mobil dinas menteri sejak tahun 2009. Pemerintah terakhir melakukan pengadaan mobil dinas menteri pada 2005 dan 2009.

Pemilihan mobil dinas baru dilakukan melalui mekanisme tender umum dengan menggunakan sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) atau online. Prosesnya juga telah dikonsultasikan dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP).

Hingga akhirnya terpilih PT Astra International Tbk-TSO sebagai pemenang untuk menyediakan 101 unit kendaraan Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid yang digunakan untuk para menteri anggota kabinet dan pejabat tinggi lainnya.

Crown yang akan dipakai menteri tersebut menggendong mesin berkode A25A-FXS dengan kapasitas 2.500 cc. Sebagai mobil hybrid, mesin digabungkan dengan motor yang kalau digabungkan total tenaganya mencapai 226 PS. Mesinnya punya torsi maksimal 221 Nm pada 3.800-5.400 rpm dan motornya punya torsi maksimal 300 Nm.

Toyota Crown 2.5 Hybrid itu menggunakan baterai tipe nickel-metal hydride.
Sebagai mobil hybrid, Toyota Crown sebagai mobil ramah lingkungan dengan teknologi hybrid Toyota Crown diklaim memiliki efisiensi panas dan performa yang tinggi. Mobil ini juga memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Toyota telah menguji efisiensi bahan bakar Crown di bawah siklus uji JC08 Kementerian Pertanian, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang. Hasilnya, satu liter bahan bakar dihabiskan Toyota Crown ini untuk menempuh jarak 24 km.

Konsumsi bahan bakar tersebut memang tidak melulu sama, tergantung gaya mengemudi, kondisi jalan, dan sebagainya. Namun, angka 24 km/liter sesuai klaim Toyota untuk ukuran mobil dengan mesin 2.500 cc terbilang cukup irit.

Dalam situs resmi Toyota untuk tipe 2.5 HV G-Executive memiliki banderol harga 6.323.400 yen atau kalau dirupiahkan setara Rp 844 jutaan. Tapi itu harga di Jepang.

Rouli Sijabat, Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) enggan membuka tabir harga resmi soal mobil para menteri tersebut. Ia bilang pengadaan mobil para menteri ini berasal dari para diler TAM.

“TAM kan menyiapkan kendaraan yang sesuai spesifikasi yang dibutuhkan. Yang mengikuti tender beberapa di antaranya diler-diler resmi,” katanya.

Namun, bila merujuk harga Toyota Crown 2.5 HV G-Executive di Jepang memang terpaut jauh, karena pastinya belum memperhitungkan biaya impor seperti bea masuk mobil utuh, hingga Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) dan lainnya.

Senada, Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmy  mengatakan, melalui dealer utama Auto2000 mengaku sudah menyerahkan mobil dinas tersebut kepada negara.

“Kami sudah kirim ke dealer dan dari dealer sudah diserahterimakan ke pemerintah,” kata Anton.

Anton menambahkan, serah terima Crown kepada negara sudah dilakukan pada akhir September 2019. Sempat dikabarkan Kemensetneg meminta tambahan mobil menteri sebanyak tiga unit, namun Anton menjelaskan hal itu masih menunggu kepastian.

“Masih menunggu, belum ada info lagi,” kata Anton.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *