WOW.. Ternyata Ganip Warsito Dua Kali Gantikan Doni Monardo

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM Presiden Joko Widodo melantik Letjen Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Selasa (25/5/2021). Ganip menggantikan tugas Doni Monardo yang merupakan Kepala BNPB sebelumnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, Doni akan pensiun pada 1 Juni 2021 sehingga ia akan dingatikan oleh perwira TNI yang masih aktif. Ada alasan penting mengapa harus perwira TNI aktif yang menjabat sebagai Kepala BNPB: Presiden Jokowi ingin meneruskan tradisi bahwa pimpinan BNPB harus perwira tinggi yang masih aktif.

Berita Lainnya

”Presiden ingin mentradisikan yang memimpin BNPB adalah perwira tinggi aktif, di antaranya agar setiap terjadi bencana bisa mudah mengerahkan pasukan, Pak Ganip akan dilantik pada Selasa pagi,” ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Selasa (25/05).

Saat dikonfirmasi, Staf Ahli Doni Monardo Egy Massadiah mengatakan, atasannya telah mengenal Ganip sejak lama. Bahkan, sebelumnya Ganip jugalah yang menggantikan posisi Doni saat melepaskan jabatannya sebagai Komandan Batalyon Infanteri (Dan Yonif) 741/Satya Bhakti Wirottama di Bali pada 2001.

“Saat Pak Doni melepaskan jabatannya sebagai Komandan Batalyon Infanteri (Dan Yonif) 741/Satya Bhakti Wirottama di Bali, yang menggantikan adalah Pak Ganip. Jadi, Pak Doni sudah mengenal siapa penggantinya,” jelas Egy.

“Sejarah terulang kembali, saat ini Pak Ganip kembali menggantikan Pak Doni,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Doni Monardo bertugas sebagai kepala BNPB sejak dilantik Presiden Jokowi pada 9 Januari 2019. Saat itu pelantikan Doni didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5/P/2019 tentang pengangkatan kepala BNPB.

Di masa pandemi Covid-19 peran Doni bertambah setalah ditunjuk sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang kemudian menjadi Satgas Penanganan Covid-19.

Selama masa pandemi yang terjadi sejak Maret 2020 Doni aktif mengampanyekan pencegahan dan penanganan Covid-19. Begitu pula pada awal 2021 hingga hari-hari terakhirnya sebagai Kepala BNPB hingga 24 Mei 2021, Doni aktif berkunjung ke sejumlah daerah untuk mengampanyekan kepatuhan protokol kesehatan.

Terlebih saat dalam beberapa waktu terakhir terjadi peningkatan mobilitas masyarakat akibat arus mudik, libur Idul Fitri 2021 dan arus balik usai Lebaran. Doni selalu menekankan lebih baik pemerintah cerewet mengingatkan masyakat daripada di kemudian hari penularan Covid-19 merugikan masyarakat sendiri.

Egy menyebutkan, usai pelantikan Letjen Ganip, pelaksanaan serah terima jabatan (sertijab) akan langsung digelar di Graha BNPB pukul 14.00 WIB. Saat ditanya lebih lanjut tentang kegiatan Doni selepas tak lagi menjabat, Egy menyatakan atasannya itu akan terus mengabdi kepada masyarakat dan negara.

“Kita tetap mengabdi kepada alam Indonesia, sementara kalau untuk sosialisasi Covid-19 itu tugas semua pihak, semua masyarakat, juga media,” pungkasnya. [dbm]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *