Wuih..Depok Punya Kader Milenial Pengawas Politik Uang di Pilkada 2020

  • Whatsapp
Ketua Bawaslu Abhan berfoto bersama dengan para pengawas partisipatif Kota Depok, Jumat 15 November 2019/Foto: Nurisman

INDOPOLITIKA.COM – Menyambut pelaksanaan Pilkada Depok 2020, Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif Kota Depok, secara resmi hadir. Para kader dari kalangan generasi millenial itu bakal terjun ke masyarakat untuk menebarkan virus pengawasan dalam pemilihan wali kota (pilwakot) Depok memperjuangkan politik uang.

“Mudah-mudahan kader pengawas menjadi bagian penting dalam mengawal demokrasi Indonesia di Kota Depok yang akan menyelenggarakan Pilkada 2020,” ucapnya Ketua Bawaslu Abhan, saat melepaskan secara simbolis sekitar 90 orang yang ikut dalam sekolah kader pengawasan, di Depok Jawa Barat, Jumat (15/11/2019).

Muat Lebih

Abhan berpesan agar kader pengawas partisipatif menularkan virus menolak politik uang yang selama ini menjadi hantu bagi demokrasi. Dia memandang politik uang menjadi kejahatan yang luar biasa dalam proses demokrasi tersebut.

“Memberantas politik uang sangat membutuhkan peran serta masyrakat tidak bisa dengan pendekatan hukum semata,” ungkap lelaki kelahiran Pekalongan, Jawa Tengah itu.

Dia menegaskan, lembaga pengawas pemilu membutuhkan partisipasi masyarakat dalam mengawal momen pergantian kepemimpinan kepala daerah. Kata Abhan, masyarakat mempunyai hak dan kewajiban untuk mengawasi. Tak hanya soal pemilu, namun masyarajat juga harus mengawasi jalannya roda pemerintahan.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *